Keindahan Alam Bendungan Waikelo Sawah

(Beritadaerah-Wisata Nusantara) Berbicara keindahan alam kepulauan Nusa Tenggara Timur, hingga saat ini kepulauan NTT masih menjadi primadona bagi para wisatawan. Keindahan alamnya sampai hari ini masih menjadi surga bagi para wisatawan mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan mereka.
Kali ini kita akan melihat keindahan alam Waikelo Sawah yang berada di Tema Tana, Kec. Wewewa Tim., Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim. Jarak tempuh memalui kota Tambolaka hanya 12 KM dengan waktu 40 menit sampai di lokasi.

(Photo: Ferry/BD)

Mungkin sampai hari ini belum banyak orang yang tahu bahwa Bendungan Waikelo Sawah sebenarnya menyimpan banyak sekali keindahan alam dan keunikan yang mengandung nilai nilai penting di dalam kehidupan manusia. Waikelo sawah sangatlah berbeda dengan bendungan air yang ada, pasalnya semenjak tahun 1976 bendungan ini dibangun, air yang keluar dari mata air ini tidak pernah berhenti hingga kini. Bendungan yang tadinya hanya di fungsikan untuk mengairi persawahan yang di sekitarnya, hingga sekarang Waikelo sawah sudah digunakan juga sebagai pembangkit listrik. Hal ini seiring untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik masyarakat di kebupaten Sumba Barat daya.

(Photo: Ferry/BD)

Selain dari pada itu dengan air yang bersih, jernih dan sejuk dengan ditambah dengan hamparan petak sawah yang membentang luas di kawasan persawahan ini, membuat pengunjung semakin rindu untuk kembali datang untuk mengambil foto sebagai koleksi Pribadi atau sekedar datang untuk menikmati suasana sejuk dan indahnya suasana Bendungan weikelo sawah dengan sesekali mencelupkan kaki di bibir batas bendungan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk masukkan Waikelo sawah didalam daftar liburan anda.

Journalist: Ferry
Editor: Endah Caratri