Jawa Barat Memasuki Puncak Arus Balik

(Beritadaerah – Kota Bandung) Minggu ini adalah Puncak arus balik Lebaran 2024 di Jawa Barat, terjadi antrian dibeberapa lokasi, tetapi relatif terkendali dengan penanganan dari jajaran Polda Jabar, Dinas Perhubungan Provinsi Jabar serta kabupaten/kota. Dikutip dari sumber PortalJabar, arus balik mulai terjadi sejak Sabtu – Senin kemarin (13-15/4) di beberapa titik perlintasan jalur di Jabar.

Sekda Jabar Herman Suryatman di Kota Bandung mengatakan, “Memang terjadi kepadatan karena volume kendaraan yang meningkat pada jam-jam tertentu sejak hari Sabtu. Kepadatan terjadi akibat bertemunya pemudik yang kembali, ditambah dengan kendaraan yang berwisata dan bersilaturahmi jarak dekat. Rata-rata ada 30.000 sampai 45.000 kendaraan yang melintas setiap hari di masa arus balik,”

Untuk mengurai arus kepadatan kendaraan di jalan jika diperlukan, pihak Kepolisian bekerja sama dengan dinas perhubungan memberlakukan sistem buka tutup.Herman menjelaskan bahwa “Buka tutup itu diberlakukan jika diperlukan, jadi tidak selamanya diterapkan,” .

Kepolisan dalam mengatur lalu lintas difokuskan terutama pada titik-titik rawan kemacetan, seperti kawasan Puncak Bogor, beberapa di titik jalur Cileunyi-Tasikmalaya antara lain Limbangan dan Gentong, jalur Tol Jakarta-Cikampek, terutama gerbang tol utama Cikampek, Tol Cipali, Tol Palikanci, dan sejumlah titik di objek wisata.

Herman menjelaskan “Ada 12 posko Dishub Jabar yang tersebar di semua titik rawan kepadatan baik wilayah barat, timur, utara, dan selatan. Posko tersebut terutama untuk merespons cepat jika terjadi kepadatan dan kejadian tertentu. Pantauan di lapangan, posko tersebut berfungsi efektif”.

Pemantauan berdasarkan laporan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, relatif ramai. Situasi rest area Tol Cipali, Cipularang, Jagorawi, Jakarta-Cikampek berdasarkan laporan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, relatif ramai. Sesekali terjadi antrean kendaraan yang keluar masuk rest area, termasuk antrean di fasilitas umumnya.

“Sesekali ada antrean keluar masuk kendaraan, kemudian juga di toilet, tapi secara keseluruhan cukup terkendali dan pemudik terlayani dengan baik,” pungkas Herman.