Ilustrasi: Menkeu saat menjawab pertanyaan wartawan di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9 Mar), terkait anggaran penanganan virus corona. (Foto: Humas Setkab)

Demi Penyelamatan Rakyat, Menkeu Siapkan Rp 1 Triliun Tangani Penyebaran Corona

(Beritadaerah – Nasional) Dalam menangani permasalahan bangsa Inonesia terkait virus corona (COVID-19), Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk mengalihkan alokasi anggaran proyek untuk menyelamatkan rakyat Indonesia dari pandemi corona.

Hal ini merupakan salah satu keputusan yang dihasilkan dari rapat kabinet hari Selasa (16/3/2020), yaitu refocussing dan realokasi dana ke arah penyelamatan rakyat. Artinya, dana-dana yang selama ini dianggarkan untuk pembangunan atau proyek-proyek, dialihkan dahulu untuk kesehatan rakyat dan menyelamatkannya dari dampak penyebaran virus Corona. Demikian disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD melalui akun twitternya, Selasa (17/3/2020).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga telah menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang kesehatan. Selain itu, juga disiapkan dana bantuan operasional kesehatan untuk antisipasi pencegahan atau penanganan penyebaran virus corona.

Keputusan ini diambil setelah adanya Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 6/KM.7/2020 tentang Penyaluran Dana Alokasi Khusus Bidang Kesehatan dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan Dalam Rangka Pencegahan dan/atau Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau disingkat COVID-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, menyiapkan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk menangani penyebaran virus corona di Indonesia. Angka tersebut telah memperhitungkan berbagai usulan kebutuhan dari kementerian dan lembaga terkait.

Alokasi dana tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk kebutuhan logistik, sarana dan pra sarana, dukungan instansi kesehatan, tes laboratorium, dan sebagainya.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani