baterai listrik

Jalan Menuju Mobil Listrik Dengan Baterai Lebih Baik

(Beritadaerah-Kolom) Dalam lima tahun ke depan, peningkatan signifikan pada baterai mobil listrik yang lebih baik akhirnya akan memasuki pasar. Selama beberapa dekade, perubahan-perubahan ini kemungkinan besar berarti bahwa pada tahun 2030, harga kendaraan berbahan bakar gas akan lebih mahal dibandingkan kendaraan listrik; beberapa kendaraan listrik akan terisi dayanya secepat pengisian bahan bakar di pompa bensin; dan kendaraan listrik jarak jauh akan membuat ungkapan “kecemasan jarak jauh” tampak aneh.

Salah satu alasan mengapa kita mungkin tidak menyadari lompatan teknologi yang akan datang ini adalah karena lompatan teknologi tersebut telah lama dibayangi oleh upaya yang lebih besar untuk menggantikan teknologi baterai lithiumion yang ada di kendaraan listrik. Berkali-kali, “terobosan” baterai yang dijanjikan mengalamai kegagalan.

Baca juga : Mobil Listrik Puskesmas di Kota Makassar

Hampir semua perkembangan yang akan datang ini merupakan peningkatan pada baterai litium yang sudah teruji dan terbukti benar, yang telah dijanjikan akan menjadi disruption. Hal ini memberikan keuntungan besar bagi mereka: Mereka dapat diproduksi di fasilitas yang ada, dan cocok dengan rantai pasokan yang ada.

Peluncuran BMW pada tahun 2025

Ada kemungkinan untuk mengoptimalkan banyak fitur dalam baterai, mulai dari seberapa cepat baterai dapat diisi hingga berapa tahun baterai dapat bertahan. Salah satu ukuran kinerja baterai yang paling penting adalah berapa banyak energi yang dapat dimasukkan oleh produsen ke dalam sel baterai tertentu, yang dikenal sebagai “kepadatan energi”. Biasanya, kepadatan energi tersebut telah meningkat beberapa poin persentase dalam setahun, dan peningkatan yang lambat, kumulatif, dan diperoleh dengan susah payah itulah yang telah membawa kita ke posisi kita saat ini.

Lonjakan kepadatan energi baterai yang lebih besar jarang terjadi. Namun BMW baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mulai menjual kendaraan pertama yang menggunakan platform baru perusahaan untuk kendaraan listrik, yang disebut “Neue Klasse,” pada tahun 2025. Kendaraan ini akan memiliki jenis baterai baru yang akan menyimpan energi lebih dari 20% dibandingkan baterai lainnya, tipe sebelumnya, dan kecepatan serta jangkauan pengisian daya juga akan meningkat hingga 30%, kata juru bicara BMW.

Apa yang memungkinkan peningkatan ini adalah bentuk silinder baru untuk sel baterai, dan penyesuaian kimianya.

Chemistries baterai baru

Produsen komponen baterai yang berbasis di Massachusetts, SES AI, berada di jalur yang tepat untuk membantu produsen mobil menghadirkan kendaraan dengan lompatan tambahan dalam kepadatan energi baterai mereka pada tahun 2026, kata CEO Qichao Hu.

SES AI telah menjadi perusahaan pertama di dunia yang mengirimkan prototipe baterai canggih dengan jenis teknologi baru tertentu kepada produsen mobil, dan bekerja sama dengan General Motor (GM), Hyundai, dan Honda. Pada tahun 2025, SES AI berharap dapat menghadirkan versi sel berikutnya.

Jika GM memutuskan bahwa kendaraan pertama yang mendapatkan baterai baru SES AI adalah, katakanlah, Hummer listrik, maka perusahaan tersebut akan membantu GM membangun 100 prototipe Hummer EV dengan teknologi baru, dan kendaraan tersebut kemudian akan menjalani serangkaian pengujian selama sembilan tahun. bulan hingga satu tahun, kata Hu. Jika semuanya berjalan baik, pada tahun 2026 baterainya akan siap untuk diproduksi.

Kunci dari teknologi SES AI adalah logam litium padat, yang digunakan sebagai pengganti grafit pada baterai litium-ion saat ini.

Produsen mobil, kata Qichao Hu, suatu hari nanti dapat menawarkan kendaraan listrik dengan harga terjangkau dan memiliki jangkauan yang sama dengan kendaraan listrik kelas atas saat ini. Itu berarti bahkan kendaraan listrik entry-level dapat menempuh jarak 300 mil dengan biaya tambahan. Kendaraan listrik kelas atas dengan baterai yang lebih besar, pada gilirannya, dapat mencetak rekor baru dalam hal jangkauan, mengalahkan pemegang rekor saat ini yang mampu menempuh jarak sekitar 500 mil. Karena logam litium dalam baterai SES AI hanya menggantikan satu bagian sel baterai, maka logam tersebut dapat dimasukkan ke dalam jalur perakitan yang sudah ada.

Pengisian daya super cepat

StoreDot, sebuah startup baterai yang berbasis di Israel, sedang mengerjakan teknologi baterai baru untuk membuat kendaraan listrik terisi dengan sangat cepat sehingga mengisinya suatu hari nanti bisa disamakan dengan berhenti di pompa bensin dengan kendaraan konvensional.

StoreDot menghitung BP, Daimler Truck, Volvo dan pembuat kendaraan listrik Vietnam VinFast sebagai investor dan mitra. StoreDot telah mengumumkan bahwa produsen mobil pertama yang menggunakan baterainya untuk “pengisian daya ultracepat” adalah Polestar milik Geely.

StoreDot telah mengirimkan baterai prototipe ke pembuat mobil, dan teknologinya saat ini—yang sedang diuji oleh Polestar—dapat memungkinkan baterai mobil menambah jangkauan 100 mil hanya dalam lima menit pengisian daya. Pada tahun 2028—hanya dua tahun setelah baterai SES AI diluncurkan untuk pertama kalinya pada kendaraan produksi—para insinyur perusahaan ini bertujuan untuk menghadirkan baterai yang dapat menambah jangkauan 100 mil hanya dalam 3 menit kepada produsen mobil, kata CEO StoreDot Doron Myersdorf.

Tahun 2030 dan seterusnya

Pembuat baterai solid-state QuantumScape berada di jalur yang tepat untuk mengirimkan baterai pertamanya yang cocok untuk pengujian kendaraan pada tahun depan, kata Chief Technology Officer Quantumscape, Tim Holme. Produsen mobillah yang menentukan seberapa cepat mereka akan memasukkan baterai ini ke dalam kendaraan baru.

Baterai solid-state disebut sebagai cawan suci teknologi baterai karena, secara teori, baterai tersebut seharusnya mampu mengungguli baterai yang ada dalam segala hal, termasuk waktu pengisian daya dan kepadatan energi. Namun perangkat ini memiliki sejumlah tantangan, termasuk cara perangkat tersebut mengembang dan berkontraksi secara fisik saat diisi dan dikosongkan. Chief Marketing Officer QuantumScape Asim Hussain mengatakan perusahaan telah memecahkan masalah ini dan banyak lainnya.

Jadwal yang diusulkan oleh pembuat baterai dapat—dan memang—meleset. Meski begitu, dalam lima hingga 10 tahun ke depan kita akan melihat perkembangan pesat teknologi baterai baru yang menghasilkan peningkatan kinerja melebihi peningkatan bertahap yang telah kita lihat selama beberapa dekade terakhir. Hal ini kemungkinan besar akan memiliki implikasi yang besar terhadap adopsi kendaraan listrik, dan keuntungan dan kerugian bagi pembuat kendaraan listrik.

Perkembangan ini sangat mempengaruhi Indonesia, kekayaan nikel yang sekarang dimiliki Indonesia tidaklah menjadi keunggulan, bila tidak diikuti dengan inovasi di dalam negeri. Sumber daya manusia menjadi kunci untuk melakukan inovasi, dimana pendidikan dan pengembangan industri menjadi enabler untuk memacu kemajuan negeri ini.

Pendidikan perlu memacu diri bahkan sejak anak-anak masih ada di bangku sekolah dasar sudah diperkenalkan tentang perkembangan penemuan kendaraan listrik. Industri diwajibkan melakukan research and development yang membutuhkan dana dan juga kerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk didalamnya adalah bagaimana tetap dirintis startup yang berbasis pada teknologi di masa depan. Tentu saja dukungan pemerintah menjadi merupakan kebutuhan mutak bagi dunia pendidikan dan industri dalam ruang lingkup kendaraan listrik.