Pesona Bukit Tungku Wiri di Jayapura, Papua

(Beritadaerah – Jayapura) Siapa sih yang tidak mengenal keindahan alam yang ada di Papua? Banyak orang mengagumi akan indahnya lautan, danau, perbukitan dan pegunungan disana. Bila berkunjung ke Jayapura, Papua, jangan lewatkan destinasi wisata ini yakni Bukit Tungku Wiri, atau Bukit Teletubbies. Lokasi dari bukit ini terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

Bukit ini menyajikan hamparan perbukitan yang hijau, udara yang sejuk dan indahnya cakrawala yang membentang ditengah danau Sentani yang menawan. Bila kita ke lokasi wisata ini dijamin mampu membuat setiap pengunjung kagum akan keindahan alam yang ada disini. Apalagi kalau kita mulai jenuh dengan hingar-bingar perkotaan, maka mengunjungi tempat ini pasti membuat betah rasanya dan tidak ingin cepat-cepat pulang.


Pengunjung dapat menuju ke puncak bukit, dimana ada 135 anak tangga, dan dari lokasi ini terdapat spot foto terbaik untuk mengabadikan moment. Warna anak tangga disini juga bisa dibilang cukup unik yaitu biru, hijau, kuning dan merah, menjadikan tangga ini menjadi maskot dari tempat wisata yang menarik ini.

Sebagai saran bila mengunjungi Bukit Tungku Wiri sebaiknya datang pada sore hari sebelum matahari terbenam, karena disaat itulah puncak keindahan pemandangan, yang dipastikan sanggup membuat mata kita menjadi ‘segar’ kembali. Apalagi kalau datangnya bersama teman, kerabat atau keluarga, pasti akan menambah keceriaan, kehangatan dan keseruan liburan.


Jangan kuatir tiket masuk objek wisata ini gratis. Untuk kendaraan motor dikenakan biaya Rp. 10.000 dan mobil Rp. 20.000. Jam operasional wisata buka selama 24 jam setiap hari. Jadi tunggu apalagi, kalau berkunjung ke Jayapura, jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ini. Selamat berlibur!

Penulis: Betha/Kontributor BD