Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memantau hasil karya batik khas Betawi (Photo: Pemprov DKI Jakarta)

Lomba Desain Batik Betawi 2024: Motif Betawi Mampu Bersaing

(Beritadaerah – Industri) Kenalkah Anda dengan batik khas Betawi? Batik dari Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ini memiliki desain dan motif khusus yang diharapkan mampu bersaing dalam industry fesyen di era modern.

Hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat memberikan motivasi dalam acara Penganugerahan Juara Lomba Desain Batik Betawi 2024 di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, pada Kamis (30/5/2024).

Heru berharap, lomba tersebut dapat memperkaya motif batik Betawi, sehingga mampu bersaing mengikuti perkembangan fesyen dari masa ke masa.

Berdasarkan pengalaman, sulit mencari batik yang menggambarkan kekhasan dari daerah tertentu, termasuk Jakarta, untuk diberikan sebagai hadiah bagi tamu kenegaraan. Melalui lomba seperti ini diharapkan dapat melahirkan motif-motif baru yang merepresentasikan keunikan budaya Jakarta.

“Mencari batik dengan sebuah cerita unik yang benar-benar menggambarkan bagian dari Negara Republik Indonesia itu susah, tidak gampang. Itu bisa keliling Pulau Jawa, bahkan ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia. Misalnya, kita ambil batik dari daerah Sumatra, maka saya pilih yang paling unik dan ceritanya benar-benar menjadi bagian dari negara Indonesia,” ujar Heru dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Heru berharap agar lomba desain batik Betawi dapat diadakan secara rutin, dengan lebih banyak melibatkan generasi muda dari kalangan pelajar, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Lomba desain ini memberikan manfaat yang banyak, baik terhadap perkembangan budaya Betawi maupun memberikan kegiatan positif bagi generasi muda.

Lomba desain batik Betawi merupakan wadah untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam desain membatik, sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya Betawi kepada generasi muda dan masyarakat luas.

Melalui lomba desain Batik Betawi kita melihat semangat dan dedikasi para peserta dalam menciptakan berbagai desain yang original, estetis, dan sarat makna. Lomba ini dapat memunculkan bakat-bakat baru dalam dunia desain batik Betawi dan meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya tradisional Indonesia.

Lomba Desain Batik Betawi digelar mulai tanggal 22 Maret 2024 hingga 30 Mei 2024, diikuti 150 peserta asal Jakarta. Berikut adalah daftar pemenang Lomba Desain Batik Betawi 2024:

– Juara I – Pucuk Rebung (Natalia Kartika-Jakarta Pusat)

– Juara II – Bunga Serumpun (Muhammad Alvin Fitratama-Jakarta Selatan)

– Juara III – Daun Sirih Tanjidor (Apriwindi-Jakarta Pusat)

– Juara Harapan I – Harmoni Biru Budaya Betawi (Absyir Abdul Wahhab-Jakarta Selatan)

– Juara Harapan II – Batik Betawi Kembang Goyang (Mediva Dyah Fajriani-Jakarta Selatan)

– Juara Harapan III – Batik Betawi Cihuy (Djoko Prianto-Jakarta Timur)