defisit komoditas
Ilustrasi: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan produksi minyak nasional mencapai 1 juta barel per hari pada 2030. (Foto: Kementerian ESDM)

Diprediksikan Dunia akan Defisit Komoditas 2030

(Beritadaerah – Kolom) Perbedaan arah penawaran dan permintaan diperkirakan akan menciptakan defisit komoditas yang signifikan dalam jangka panjang. Analisis McKinsey terhadap dua skenario berbeda—kasus dasar dan kasus tinggi—mengindikasikan bahwa pasokannya jauh lebih kecil dibandingkan permintaan kolektif akibat transisi energi dan penggunaan lainnya hingga tahun 2030.

Meskipun terdapat kebutuhan mendesak akan investasi yang lebih besar, para investor lebih memilih sektor-sektor lain (seperti teknologi dan layanan kesehatan) selama beberapa siklus terakhir, sehingga memperbesar kesenjangan kekurangan dana dan menciptakan kebutuhan yang lebih mendesak untuk melakukan tindakan.

Harga komoditas masih salah dihargai dan, pada kenyataannya, sering kali dianggap sebagai lindung nilai (hedging) terhadap resesi, yang merupakan pengulangan dari strategi yang umum digunakan investor pada tahun 2008. Saat ini, Indeks Komoditas Goldman Sachs baru saja mulai pulih dari posisi terendah sepanjang masa dibandingkan S&P 500.

Dalam menghadapi peningkatan permintaan jangka panjang, para pelaku komoditas mempunyai insentif untuk fokus pada strategi jangka pendek.

Sejak tahun 2012, perusahaan pertambangan telah memangkas belanja modal, dengan belanja sektor secara agregat turun menjadi sekitar $40 miliar pada tahun 2022, meskipun baru-baru ini terjadi peningkatan dari posisi terendah pada tahun 2020.

Daripada mengalokasikan dana untuk belanja modal, perusahaan justru menginvestasikan uangnya untuk dividen dan pembelian kembali saham. M&A juga menjadi pilihan yang menarik, khususnya di bidang pertambangan.

Sektor energi juga mengambil pendekatan serupa: dengan tingkat imbal hasil arus kas bebas yang tertinggi sepanjang masa, baik perusahaan minyak, gas, maupun energi terbarukan memilih pembayaran utang dan dividen dibandingkan investasi modal.

Distribusi cash spending dari industri minyak dan gas bumi 2008-2022 dalam %

Sumber : International Energy Agency

Tiga kategori pemain yang membentuk pasar

Di tahun-tahun mendatang, pasar logam dan mineral akan menjadi kompleks dan penuh ketidakpastian. Pergeseran pasokan dan permintaan, kemajuan teknologi, dan kepatuhan terhadap peraturan semuanya akan mempengaruhi lintasan pasar global. Perusahaan dapat mengambil tindakan yang ditargetkan sekarang untuk memperkuat posisi mereka dan bersiap mengejar peluang baru.

Produsen logam dan mineral

Transisi energi mendefinisikan ulang kelas aset komoditas. Penawaran baru dapat dibedakan berdasarkan geografi, metode produksi, perlakuan peraturan, dan dampak lingkungan. Peluangnya antara lain sebagai berikut:

  • menyesuaikan produk berkualitas tinggi dengan segmen pelanggan tertentu (pembeda yang jelas pada logam, dimana penyebaran pada logam tertentu telah melebar secara dramatis)
  • mengantisipasi dan mengunci permintaan, serta mendapatkan wawasan tentang perbedaan produk (khususnya penemuan harga produk ramah lingkungan)
  • memahami hambatan rantai nilai dan ketergantungan pada pemasok, negara, dan wilayah tertentu (misalnya, dominasi Tiongkok dalam rantai pasokan baterai dan tenaga surya)
  • menggunakan perdagangan untuk mengoptimalkan pengelolaan portofolio perusahaan (misalnya, dengan mengambil posisi panjang dan pendek dengan jangka waktu berbeda untuk melakukan lindung nilai terhadap eksposur dan dengan demikian meningkatkan risiko/pengembalian portofolio)
  • membentuk perilaku pelanggan secara strategis (seperti mendorong kesepakatan pasokan jangka panjang hingga proyek pembiayaan awal)

Prioritas lainnya adalah membangun fungsi originasi yang kuat untuk meningkatkan akses pasar melalui fungsi pemasaran dan perdagangan yang lebih canggih.

Meningkatnya fragmentasi dan deglobalisasi di beberapa pasar akan membuat pembentukan dan penemuan harga menjadi lebih kompleks.

Misalnya saja, nikel sulfat mendominasi pasar pengiriman namun tidak lagi terhubung dengan harga acuan Nikel di London Metal Exchange (LME), sehingga mendorong para pelaku industri logam untuk melakukan penemuan harga secara independen.

Menjadi aktif di seluruh rantai nilai akan membantu pelaku industri logam mengelola peningkatan risiko makroekonomi dan geopolitik.

Pedagang

Pedagang dapat memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan defisit komoditas dengan berfokus pada tiga bidang utama.

Pertama, hal ini dapat mendukung pengembangan likuiditas dan penemuan harga di pasar logam dan mineral yang berkembang pesat. Selain itu, pedagang dapat menyediakan produk yang disesuaikan dengan spesifikasi ESG masing-masing pasar.

Mereka juga dapat meningkatkan kemampuan manajemen risiko mereka untuk menyediakan layanan ini bagi rekanan lama dan baru yang memasuki pasar ini untuk pertama kalinya.

Terakhir, dengan memanfaatkan modal mereka, para pedagang dapat membantu mengatasi kesenjangan pasokan secara langsung (misalnya, mempercepat pengembangan aset dengan memberikan pembiayaan awal kepada tambang-tambang junior).

Ketika pasar mulai terbentuk, pedagang dapat menjadi lebih aktif di bidang yang berdekatan, seperti menawarkan solusi logistik (misalnya, membantu produsen litium mendapatkan akses ke pasar).

Pemahaman mereka mengenai keseluruhan rantai nilai dapat memungkinkan mereka memainkan peran yang lebih aktif dalam permulaan dan M&A.

Lebih jauh lagi, pemahaman mendalam mengenai dinamika lintas komoditas—seperti interaksi antara gas alam, amonia, dan bahan bakar bunker—dapat memungkinkan para pedagang mengantisipasi adanya barang substitusi dalam kumpulan nilai tertentu.

Pemain energi utama

Transisi energi akan disertai dengan trilema: bagaimana memastikan energi terus tersedia, terjangkau, dan berkelanjutan. Ketiga faktor yang saling terkait ini akan mengharuskan para pemain energi utama untuk memainkan peran mendasar dalam menyediakan sumber energi tradisional guna memastikan pasokan yang cukup sementara produksi mineral dan logam meningkat.

Agar tetap kompetitif dan menggantikan margin minyak dan gas yang menyusut selama beberapa dekade mendatang, para pelaku industri perlu memperluas aktivitas di luar peran mereka dalam mempertahankan basis pasokan yang ada ke bagian-bagian baru dalam rantai nilai.

Misalnya, beberapa perusahaan super besar telah mencapai skala besar di pasar listrik dan biofuel. Kami juga memperkirakan para pemain di bidang energi akan menggunakan keahlian mereka untuk berekspansi ke sektor logam dan mineral guna meraih keuntungan yang terkait dengan volatilitas transisi energi.

ExxonMobil baru-baru ini mengakuisisi hak pengeboran di lahan yang diyakini kaya akan litium di Amerika Serikat bagian selatan, sehingga memberi perusahaan tersebut akses ke komponen penting untuk baterai kendaraan listrik. ExxonMobil Corporation adalah perusahaan minyak dan gas multinasional Amerika dan merupakan keturunan langsung terbesar dari Standard Oil milik John D. Rockefeller.

Posisi Indonesia

Posisi Indonesia dalam hal ini menempatkan diri sebagai negara yang akan memiliki industri di hilir dari rangkaian kebutuhan akan komoditas. Semangat hilirisasi bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah yang sebesar-besarnya. Tidak hanya sebagai Produsen logam dan mineral, pedagang, ataupun juga pemain energi.

Semangat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil logam dan mineral adalah menggabungkan industri yang bersumber pada komoditas dalam satu lokasi di Indonesia. Usaha ini sudah mulai dilakukan dengan segala polemik yang ada.

Perhatian terhadap generasi yang akan datang harus juga menjadi perhatian sebab prediksi defisit komoditas dunia bisa menjadi beban yang berat di masa depan kalau tidak dikelola dengan baik pada saat ini.

Prediksi defisit komoditas ini mewajibkan Indonesia melakukan keseimbangan dalam eksploitasi alam. Tuntutan permintaan pasar yang besar tidak serta merta harus dipenuhi segera. Tetap perlu diperhatikan ekosistem dimana masyarakat tinggal agar tetap bisa menjalankan hidup yang berkelanjutan.