Gubernur Jatim Menanam Bibit Mangrove di Surabaya

(Beritadaerah – Surabaya) Tampak Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sedang menanam pohon pada gelaran Festival Mangrove ke V di Romokalisari Adventure Land, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Selasa (31/10).

Hadir dalam festival ini bersama Gubernur Jatim yakni Konjen Kehormatan Inggris, Sekjen Kementerian LHK, Dirjen Percepatan Pembangunan DT, Kemendes & PDTT, Wakil Walikota Surabaya, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jatim dan para pelajar.

Dalam festival ini dilakukan penanaman 10.000 bibit Mangrove serta pelepasan satwa, yakni Burung Air 10 ekor, Burung Tekukur 78 ekor, benih Ikan Bandeng 5.000 ekor dan benih kokolan Udang Vaname 25.000 Ekor.

Pada kegiatan ini juga diserahkan 1000 batang tanaman Cemara Udang kepada pengelola lokasi acara. Romokalisari Adventure Land dipilih pada kegiatan ini karena dinilai telah memberi manfaat bagi masyarakat sekitar dan mendorong kelestarian ekosistem mangrove dan pesisir.

Sekilas informasi, lokasi wisata Romokalisari Adventure Land merupakan objek wisata yang berkonsep alam. Objek wisata ini merupakan destinasi wisata baru dan lagi hits di Surabaya. Tempat wisata tersebut diresmikan pada 25 September 2022 lalu.

Lokasi dari Romokalisari Adventure Land berada di daerah Romokalisari, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Wilayah ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Gresik di sebelah utara. Kawasan wisata ini berada tepat di pesisir Teluk Lamong di barat Surabaya.

Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis, sedangkan jika ingin menikmati wahana yang tersedia seperti wahana bebek, berkuda, ATV rute, sewa perahu dan lainnya dikenakan tarif mulai dari Rp 10.000 per orang. Jam operasional buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB.