Menteri BUMN: Perusahaan Inggris Jajaki Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

(Beritadaerah – Jakarta) Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya menyampaikan konsorsium perusahaan tambang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mind ID dan perusahaan asal Inggris Arrival Ltd sedang menjajaki upaya pengembangan pabrik mikro kendaraan listrik di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Mind ID dan Arrival Ltd, perusahaan kendaraan listrik Inggris, akan bersama-sama mengembangkan Pabrik Mikro untuk kendaraan listrik di Indonesia dan Asia Tenggara. Mohon doa semoga inisiatif ini berjalan lancar,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir yang dikutip laman Infopublik, Minggu (1/10).

Menurut Menteri Erick, inisiasi penjajakan investasi ini merupakan upaya BUMN memperluas lapangan pekerjaan di dalam negeri. Selain mencari investor, BUMN juga akan berkolaborasi dengan perusahaan yang menjadi mitra bisnis untuk meningkatkan nilainya di sektor industri nasional.

Dijelaskan oleh Erick, bahwa pemerintah berusaha menarik mitra strategis untuk berinvestasi, berkolaborasi, dan meningkatkan nilai di sektor industri Indonesia. Pihaknya juga menghadiri forum Asia House, di London, Inggris dengan menyampaikan prospek pertumbuhan ekonomi. Tujuannya agar calon investor dari dalam dan luar negeri, bisa memahami kondisi ekonomi nasional dan global beserta pabriknya.

Terakhir, Erick juga memaparkan prospek kestabilan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga tahun 2045. Sebagai negara yang diprediksi akan menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia, lanjutnya, Indonesia, melalui BUMN, memiliki peranan penting untuk merajut kerjasama antara Asia dan Eropa. Untuk mewujudkan perkiraan ini, BUMN sebagai motor perekonomian nasional telah menyiapkan peta jalan (road map) yang lebih jelas atau mumpuni..