Nikmatnya Gula Aren Curup, Bengkulu

(Beritadaerah-Bengkulu) Gula aren Curup adalah gula aren yang berasal dari Kota Curup, sebuah kota kecil di ketinggian 955 MDPL. Kota Curup adalah ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu. Gula aren atau gula pelem merupakan jenis gula yang dibuat dari cairan nira, yaitu cairan manis yang diambil dari batang pohon aren. Teknik pengolahan gula aren melibatkan pemanasan nira hingga airnya menguap dan meninggalkan gula yang padat. Perkiraan kandungan gizi dalam 100 gram gula aren adalah 375 kalori, 97 gram karbohidrat dan 97 gram gula alami, 0,5 gram serat, kurang dari 1 gram protein dan lemak, 30 mg kalsium, 0,6 gram zat besi, 880 mg potasium dan 70 mg magnesium.

Gula aren mangandung mineral yang lebih banyak dibandingkan dengan gula putih biasa, namun tetap perlu diingat bahwa mengkonsumsi gula jangan berlebihan karena dapat memiliki pengaruh buruk pada kesehatan, terutama terkait dengan risiko obesitas, diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya. Sebagian besar kandungan kalorinya dari karbohidrat sederhana dalam bentuk gula, sehingga harus dikonsumsi dengan bijak.

Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, dikenal sebagai salah satu daerah yang menghasilkan gula aren berkualitas. Gula aren Curup Bengkulu terkenal karena memiliki cita rasa yang khas dan kualitas yang baik. Keaslian rasanya serta kandungan gizi yang masih terjaga yang membuat produk ini sering dicari oleh pecinta kuliner dan pecinta kopi.

Jika Anda sedang berkunjung ke Propinsi Bengkulu, Anda dapat dengan mudah membeli gula aren ini di pasar tradisional yang tersebar di Bengkulu. Bentuk dan ukuran gula aren Curup yang besar dan unik akan mempermudah Anda untuk mengenali gula aren ini. Harga dari produk ini dapat berbeda-beda bergantung pada kualitas dan penetapan harga dari penjual, harganya berkisar pada Rp.25.000/Kg, namun jika Anda membelinya di pasar tradisional maka Anda dapat menawarnya.

Jika Anda tinggal di luar Bengkulu, Anda tidak perlu kawatir akan kesulitan membeli gula aren ini, Anda dapat dengan mudah membelinya dari perusahaan Marketplce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain.

Journalist: Ferdinan Rafeles
Photo: Ferdinan Rafeles
Editor: Endah Caratri