Kemenparekraf dan Disparbud Garut Kolaborasi Sektor Wisata

(Beritadaerah – Garut) Wisata alam di Garut telah menjadi magnet bagi kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. Sektor wisata di Kabupaten Garut menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Untuk itu beberapa waktu lalu, Biro Komunikasi Sekretariat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan acara Kolaborasi dalam Meningkatkan Hubungan Kerja Sama antara Mitra Kerja, di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat (7/4).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Agus Ismail, menyampaikan bahwa Kabupaten Garut telah menjadikan sektor wisata sebagai core bisnis pariwisata dan pertanian.

“Tentu saja dengan agenda acara hari ini menjadi suatu hal yang sangat penting, karena tentu saja untuk membangun sektor pariwisata maka kita tidak bisa berdiri sendiri,” kata Agus yang dikutip laman Jabarprov, Rabu (19/4).

Ia mengungkapkan, bahwa jika tidak didukung oleh sektor lain, maka pariwisata tidak dapat berjalan sendiri. Maka dari itu, ditambah lagi, diperlukan kolaborasi untuk mendorong berjalannya sektor pariwisata khususnya di Kabupaten Garut.

“Misalkan kalau kita mendapatkan dukungan dari TNI/Polri bagaimana sisi keamanan, sisi kenyamanan, tenggelam, karena ini menjadi bagian penting dalam sisi kemajuan sektor pariwisata,” ujarnya.

Senada dengan Kadisparbud Garut, Sekretaris Kemenparekraf RI, Ni Wayan Giri Adnyani, menyampaikan bahwa strategi untuk mengembangkan sektor parekraf adalah dengan kolaborasi. Ia memaparkan, bahwa Kemenparekraf sendiri tidak bisa melaksanakan semua program sendiri, namun diminta juga melakukan kolaborasi pentaheliks.

Adnyani mengaku sangat senang menyelenggarakan kegiatan di Kabupaten Garut, dengan mengangkat tema Penguatan Konten di Media Sosial. Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para peserta yang akan menyusun narasi positif dengan cara pemilihan desain yang tepat di media sosial.