Desa Wisata Sultra
kemenparekraf.go.id

Menparekraf Apresiasi Desa Wisata Konservasi Alam , Air Terjun Moramo Sultra

(Beritadaerah – Konawe)  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberi penghargaan kepada  Desa Wisata Air Terjun Moramo, Sumbersari, Sulawesi Tenggara, yang sudah berhasil mengembangkan wisata berbasis konservasi alam.  Hal ini sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Setelah selesai melakukan kunjungan  ke Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Jumat (26/8/2022), Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa desa wisata ini menonjolkan konservasi alam dalam pengembangannya, sehingga  desa wisata tersebut berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari telah menjadi  paket yang sangat lengkap karena ada aspek konservasi. Terlebih lagi  ada satwa monyet dan anoa dalam konservasinya, yang juga menambah wisatawan tertarik.

Sandiaga mengatakan bahwa  Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari juga memiliki pengolahan sumber energi baru terbarukan, yang hal ini dapat  menjadi salah satu solusi bagi masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mengantisipasi krisis energi.

Selanjutnya , Sandiaga menjelaskan Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari pada mulanya  merupakan daerah transmigran, sehingga keanekaragaman suku dan budaya menjadi salah satu hal yang unik di sini. Masyarakat di des aini  sudah terbiasa dengan perbedaaan suku, budaya, bahasa, dan tradisi.  Hal ini membuat  desa wisata ini seperti  miniatur Indonesia. Terdapat 5 suku yang mendiami des aini , antara lain Tolaki, Jawa, Sunda, Bali, dan Bugis.

Menparekraf Sandiaga memiliki harapan agar  Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari ini dapat  menjadi desa wisata unggulan, bahkan menjadi destinasi air terjun terbaik di Indonesia.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, berharap kehadiran Menparekraf ke Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari dapat membuat banyak wisatawan datang. Surunuddin  juga tidak menyangka desa ini  masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, sehingga dia  mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menparekraf

Head of Adira Finance Syariah, Yusron, mengatakan  sejalan dengan visi Adira Finance yaitu ‘Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan’, maka melalui Unit Usaha Adira Finance Syariah, pihaknya mendukung program Moslem Friendly Tourism dari Kemenparekraf dalam hal penyediaan sarana serta prasarana rumah ibadah muslim di 5 desa wisata, dan salah satunya adalah Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Sehingga ini dapat membantu menggerakkan perekonomian di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumber Sari khususnya dan Kabupaten Konawe Selatan secara umum, melalui pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Sulawesi Tenggara ini,