Promosi Wisata di Indonesia Day London
kemenparekraf.go.id

Momentum Untuk Promosi Wisata dan Ekraf RI di Indonesian Day London

(Beritadaerah – London)  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pelaksanaan Indonesian Day di London, Inggris menjadi momentum yang  sangat  baik sekaligus upaya untuk  mempromosikan potensi wisata dan ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia di negara lain khususnya saat ini di  Inggris.

Dalam kunjungannya ke Indonesian Day di Vinegar Yard London, Inggris, Minggu (6/12/2022) Menparekraf Sandiaga mengatakan bahwa Indonesian Day merupakan rangkaian acara yang tak dapat terpisahkan   yaitu  mengajak warga London dan sekitarnya untuk merasakan pengalaman berwisata di Indonesia.

Acara ini awalnya diadakan    oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di London dan berlangsung pada 6-8 November 2022. ”Indonesian Day bisa menjadi sarana atau fasilitas   yang baik untuk memperkenalkan bukan hanya pariwisata destinasi Indonesia tapi juga produk-produk ekonomi kreatif Indonesia, demikian disampaikan oleh  Menparekraf Sandiaga.

Dalam acara itu dimeriahkan   dan  ditampilkan kuliner, fesyen, budaya, fotografi, dan lain-lain. “Kami yakin kegiatan ini yang sangat tepat dan juga di waktu yang sangat strategis saat kita sudah mulai bangkit kembali membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan dari wisatawan khususnya dari UK,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan bahwa   saat ini wisatawan asal Inggris menempati posisi kelima dari jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.  Dengan mulai pulihnya sector pariwisata di Indonesia   ,  jumlah ini  akan terus ditingkatkan  seiring juga dengan   lsuksesnya pemerintah menangani pandemi COVID-19.

Jika kita berkolaborasi angka yang dulu 400.000 wisatawan pada 2019, bisa ditingkatkan dengan paket-paket wisata yang lebih mengarah kepada eco-tourism, wellness tourism, dan juga promosi kita termasuk promosi ekonomi kreatifnya seperti kuliner dan fashion, kriya, dan film-film Indonesia agar bisa ditingkatkan. Saya melihat bahwa ada peluang-peluang naik dari posisi lima ke posisi  tiga sehingga Inggris ini menjadi sasaran pasar utama kita,” katanya.

Bukan hanya  menghadiri Indonesian Day, di  London, Menparekraf Sandiaga juga menghadiri World Travel Market. Keterwakilan Indonesia tahun ini, merupakan pertama kali untuk hadir kembali secara fisik