Batang
Presiden Jokowi Saat Meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah (Foto : Kementerian BUMN)

Tujuh Kawasan Industri di Jawa Tengah

(Beritadaerah – Jawa Tengah) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menjadi salah satu daerah tujuan investasi di Indonesia. Provinsi ini memiliki iklim investasi yang kondusif, mulai dari pertumbuhan ekonomi yang baik, peningkatan infrastruktur, upah yang kompetitif, dan kemudahan perizinan. Hal ini telah menjadi daya tarik bagi investor.

Menurut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah realisasi investasi pada semester I/2021 mencapai Rp 25,3 triliun. Hal ini menunjukan tren yang positif di tengah pandemi yang terjadi di Indonesia.

Sedangkan data yang dirilis oleh Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), bahwa pada triwulan II tahun 2021, capaian dari realisasi investasi di Jawa Tengah sebesar Rp 13,02 triliun. Untuk penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 5,26 triliun, dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 7,76 triliun.

Keberadaan kawasan industri di Jawa Tengah, dapat menjadi solusi bagi investor yang ingin membangun pabrik atau perusahaan. Berikut ini 7 kawasan industri yang berada di Jawa Tengah :

1. Kawasan Industri Wijayakusuma di Kota Semarang

2. Jatengland Industrial Park Sayung di Kabupaten Demak

3. Aviarna Industrial Estate di Kota Semarang.

4. BSB Industrial Park di Kota Semarang.

5. Kawasan Industri Terpadu Batang di Kabupaten Batang.

6. Tanjung Emas Export Processing Zone di Kota Semarang.

7. Kawasan Industri Kendal yang juga merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal di Kabupaten Kendal.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu