KAI Daop 8 Surabaya Optimalkan Pelayanan Pelanggan Jelang Libur Nataru

(Beritadaerah-Surabaya) Menyambut Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya melakukan berbagai persiapan dalam untuk memberikan layanan maksimal bagi pelanggan. Pada periode Libur Nataru 2024/2025, yakni mulai 19 Desember 2024 s/d 5 Januari 2025, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan total 54 KA, terdiri dari 46 KA jarak jauh reguler, 6 KA jarak jauh tambahan, dan 2 KA lokal komersial tambahan.

“Setiap harinya, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 30.582 tempat duduk / 436.572 tempat duduk selama Masa Libur Nataru 2024/2025, meningkat 3% dibanding Nataru tahun sebelumnya sebesar 424.106 tempat duduk,” kat Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Rabu (11/12).

Adapun KA tambahan yang beroperasi di Daop 8 Surabaya selama Libur Nataru 2024/2025 antara lain keberangkatan Stasiun Surabaya Pasarturi :

1. KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir keberangkatan pukul 05.45 wib;

2. KA Sembrani Tambahan tujuan Gambir keberangkatan pukul 12.40 wib;

3. KA Kertajaya Tambahan tujuan Pasarsenen keberangkatan pukul 20.40 wib.

Sedangkan untuk keberangkatan Stasiun Surabaya Gubeng :

1. KA Pasundan Tambahan tujuan Kiaracondong keberangkatan pukul 07.35 wib;

2. KA Arjuno Ekspres tujuan Malang keberangkatan pukul 09.35 wib;

3. KA Sancaka tujuan Yogyakarta keberangkatan pukul 22.00 wib.

Sementara itu keberangkatan Stasiun Malang :

1. KA Arjuno Ekspres tujuan Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 05.25 wib;

2. KA Gajayana Tambahan tujuan Gambir keberangkatan pukul 18.10 wib.

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya memperkirakan akan melayani sebanyak 426.920 pelanggan, meningkat 11 % dibanding realisasi Nataru 2023/2024 sebanyak 385.983 penumpang.

“Puncak kepadatan pelanggan pada Libur Nataru 2024/2025 di Daop 8 Surabaya diperkirakan pada Jumat 20 Desember 2024 dengan jumlah penumpang 28.261,” tambahnya.

Selain berkomitmen untuk memberikan keselamatan perjalanan KA, KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan inovasi untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi pelanggan KA. Di wilayah Daop 8 Surabaya, telah hadir faslitias Face Recognition Boarding Gate yang tersedia di 3 stasiun keberangkatan, meliputi Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.

KAI Daop 8 Surabaya juga menghadirkan Water Drinking Station, yang merupakan fasilitas isi ulang air minum secara gratis yang dapat dinikmati oleh seluruh penumpang KA. Fasilitas ini tersedia di 3 stasiun keberangkatan, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, dan Stasiun Malang.

Dengan berbagai persiapan ini, KAI Daop 8 Surabaya mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api sebagai sarana transportasi utama dalam bepergian, utamanya liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Transportasi kereta api memiliki berbagai keunggulan, seperti : mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan, tepat waktu, bebas kemacetan, dan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.