Kaohsiung Food Show 2024, Produk Makanan Indonesia Raih Potensi USD7,7 Juta

(Beritadaerah-Jakarta) Dalam pameran terbesar di Taiwan, yaitu Kaohsiung Food Show 2024, yang berlangsung pada 24—27 Oktober 2024 di Kaohsiung Exhibition Center, Taiwan, produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia kembali menarik perhatian. Dalam pameran ini, produk mamin Indonesia berhasil meraih potensi transaksi mencapai USD7,7 juta atau lebih dari Rp127,80 miliar.

Paviliun Indonesia di pameran tersebut diresmikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Mardyana Listyowati. Turut hadir Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Arif Sulistiyo, dan Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kemendag RI, Miftah Farid, pada Kamis (24/10).

“Pameran ini adalah ajang promosi strategis untuk memperkuat sekaligus meningkatkan ekspor produk mamin Indonesia ke pasar Taiwan,” ujar Mardyana dalam sambutannya saat membuka Paviliun Indonesia, berdasarkan siaran pers Kemendag yang diterima pada Selasa (29/10).

Partisipasi Indonesia dalam Kaohsiung Food Show 2024 merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI dengan KDEI Taipei. Pada kesempatan ini, Paviliun Indonesia memfasilitasi tujuh perusahaan, yaitu PT Alba Internasional Trading, CV DMM Indah, CV Global Nest, CV Walet Negara Indonesia, Asosiasi Peternak Pedagang Sarang Walet Indonesia (AP2SWI), PT Lautan Natural Krimerindo, dan Indoformosa Food (Indomie Taiwan). Produk yang dipamerkan mencakup sarang burung walet, krimer, susu dan turunannya, serta mi instan.

Kaohsiung Food Show 2024 diselenggarakan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) dan menghadirkan sekitar 280 peserta yang menempati 500 stan. Pameran ini menampilkan beragam produk mamin dalam berbagai kategori, termasuk buah segar, produk pertanian, daging, produk susu, ikan, bumbu, makanan beku, makanan kering, kopi, teh, minuman, anggur, dan makanan kesehatan.

Taiwan tercatat sebagai salah satu dari 10 besar destinasi ekspor Indonesia dengan total nilai mencapai USD6,7 miliar pada 2023. Pada tahun yang sama, ekspor produk mamin Indonesia ke Taiwan mencapai USD78,8 juta, dengan pangsa pasar sebesar 1,51 persen dari total impor mamin Taiwan yang tercatat sebesar USD5,2 miliar.