Komoditas

Perdagangan Komoditas di Tengah Ketidakpastian

(Beritadaerah-Kolom) Meskipun pasar komoditas mengalami tingkat ketidakpastian yang signifikan, perdagangan komoditas menghasilkan Earning Before Interest and Tax (EBIT) lebih dari $100 miliar pada tahun 2023, yang berarti margin kotor lebih dari $150 miliar.

Mengingat dinamika ini, kesuksesan komoditas di tahun-tahun mendatang akan semakin bergantung pada kemampuan mengelola dan merespons keadaan pasar yang tidak dapat diprediksi. Pemain dengan pemahaman pasar yang komprehensif dan beragam akan berada pada posisi terbaik untuk mendapatkan nilai, sementara pemain lainnya perlu berinvestasi pada keterampilan dan kemampuan baru.

Pesatnya pertumbuhan pasar komoditas telah menarik gelombang pendatang baru—seperti pelaku perdagangan yang berfokus pada teknologi, hedge fund, dan bank, serta pelaku yang terlibat dalam pertambangan dan pengolahan—menciptakan kebutuhan akan tambahan penawaran likuid dan manajemen risiko. Hal ini merupakan perkembangan yang positif.

Pasar komoditas yang dinamis seperti ini dapat meningkatkan kumpulan nilai dan membantu memfasilitasi transisi energi melalui investasi pada teknologi dan produk baru dan baru. Melakukan hal ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas dalam hal memenuhi tujuan iklim global dan membangun serta meningkatkan masa depan yang lebih hijau dan bersih.

Perkembangan ini akan mempunyai dampak luas bagi pedagang komoditas dan pemain di sepanjang rantai nilai. Optimalisasi portofolio dan model perdagangan berbasis data dapat membantu pelaku industri mengimbangi perubahan pasar dan meningkatnya persaingan.

Meneliti industri komoditas

Meskipun terjadi penurunan harga pasar, pasar komoditas tetap ketat, dan perubahan permintaan dan penawaran semakin sulit diprediksi . Selain itu, ketidakpastian seputar keamanan pasokan energi berkontribusi terhadap volatilitas harga, yang diperburuk oleh perubahan suku bunga yang lebih tinggi.

komoditas

Sumber : World Bank

Suku bunga yang tinggi mempengaruhi biaya utang yang diperlukan untuk berinvestasi pada kapasitas baru dan dapat mengakibatkan perubahan atau bahkan pengabaian beberapa peluang bisnis. Dinamika ini khususnya mempengaruhi proyek-proyek besar dengan komitmen belanja modal yang besar.

Gangguan rantai pasokan juga menghambat aktivitas perdagangan global. Baik perkembangan geopolitik berskala besar (pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina) maupun peristiwa lokal (seperti melambatnya lalu lintas kargo di Terusan Panama karena kekeringan dan serangan Houthi terhadap kapal kargo di Laut Merah), telah berdampak pada ketersediaan produk dan harga. Invasi ke Ukraina mempunyai dampak yang lebih luas dibandingkan dampaknya terhadap perdagangan dan rantai pasokan.

Selain itu, harga komoditas berfluktuasi berdasarkan kinerja perekonomian suatu negara: kelangkaan energi di suatu negara dengan perekonomian besar, seperti Tiongkok atau Amerika Serikat, dapat menyebar ke seluruh dunia, yang kemungkinan besar akan berdampak pada semua komoditas dan harga pangan lainnya. sebagai tingkat inflasi. Penelaahan terhadap berbagai komoditas memperkuat dampak yang beragam dari faktor-faktor ini.

Produk berbahan dasar minyak dan minyak

Minyak dan produk berbahan dasar minyak masih merupakan sumber nilai terbesar, namun profitabilitasnya menurun pada tahun 2023. Meskipun terdapat lebih banyak volatilitas harga tetap pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2023, masih terdapat sejumlah besar volatilitas fisik pada tahun 2023, terutama karena arus perdagangan kembali teratur setelah invasi Rusia ke Ukraina dan serangan rudal Houthi di Laut Merah.

Akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 juga menyaksikan diperkenalkannya West Texas Intermediate (WTI) sebagai bagian dari penilaian Brent. Pemanfaatan kapal tetap meningkat dan volatilitas masih terjadi di pasar angkutan. Terakhir, minyak Ural dialihkan ke India sebelum dikirim kembali ke Eropa dalam bentuk produk. Minyak Ural adalah merek minyak acuan yang digunakan sebagai patokan harga untuk ekspor minyak Rusia.

Menurut Perspektif Energi Global McKinsey tahun 2023, total permintaan minyak diproyeksikan akan terus meningkat selama sebagian besar dekade ini dan kemudian menurun setelah tahun 2030. Dan dalam achieved commitments scenario, permintaan minyak akan berkurang hampir 50 persen pada tahun 2050. Sampai saat itu tiba, persaingan kemungkinan akan semakin ketat karena semakin banyak pemain besar yang aktif dalam perdagangan minyak dan produk berbasis minyak. Misalnya saja, perusahaan-perusahaan minyak nasional dan para pemasar minyak sudah meningkatkan kemampuan perdagangan dan bersandar pada neraca keuangan mereka yang besar ketika mencari bagian mereka.

Pada saat yang sama, pemain perantara menghadapi risiko “penyusutan,” mengingat adanya kendala pada modal kerja dan modal risiko serta persaingan dari pemain terintegrasi. Namun, risiko cenderung menciptakan peluang untuk permainan khusus. Hal ini terutama terjadi pada petrokimia khusus, dimana pedagang besar cenderung lebih fokus pada gas alam cair (LNG) dan produk lainnya.

Listrik dan gas

Secara keseluruhan, perdagangan listrik dan gas meningkat pada tahun 2023. Volatilitas energi dan gas di Eropa masih berada di atas rata-rata (jika dibandingkan dengan tahun 2017–2020), meskipun ada beberapa rekonsiliasi kerugian yang terjadi pada tahun 2022, ketika terganggunya pengiriman gas dari Rusia mengharuskan negara-negara untuk membeli gas di pasar jangka pendek yang sedang tertekan.

Pasar akan mengalami peningkatan persaingan. Pelaku sektor utilitas dan energi terbarukan dapat meningkatkan kemampuan perdagangannya, dan pelaku perdagangan yang berfokus pada teknologi (sebelumnya merupakan perusahaan rintisan) dapat meningkatkan dan menginvestasikan kembali keuntungannya untuk memperluas aktivitas mereka.

Pada saat yang sama, pemain perdagangan besar yang berfokus pada minyak dan gas atau logam dapat meningkatkan investasi mereka pada sektor listrik, dan dana lindung nilai serta bank dapat tertarik dengan meningkatnya kumpulan nilai (value pool).

Peluang baru di bidang ketenagalistrikan dan gas (tetapi sebagian besar di bidang ketenagalistrikan) kemungkinan besar akan muncul dalam tiga topik: memasuki pasar baru, perdagangan berbasis data, dan aset baru.

Memasuki pasar baru. Meskipun pasar perdagangan tenaga listrik dan gas masih berkembang, sejumlah pelaku industri memanfaatkan sinergi untuk memasuki pasar baru dengan memanfaatkan kemampuan yang ada. Misalnya, pemain Eropa telah memasuki pasar listrik Amerika dan kini mulai bergerak ke India, Jepang, dan Tiongkok, dimana pasarnya sedang direformasi.

Perdagangan berbasis data. Lingkungan pasar yang berubah dengan cepat, ditambah dengan akses yang lebih mudah terhadap data pasar, telah menciptakan peluang bagi pemain baru untuk memasuki sektor energi, dan banyak dari pendatang baru ini paham teknologi dan antusias dengan analisis data. Tren ini dapat dipercepat dengan munculnya generasi baru digital native, yang sebagian besar berupaya menangkap peluang digital baru.

Pada gilirannya, bursa energi dan gas melakukan reformasi pasar jangka pendek untuk memungkinkan perdagangan menjadi lebih otomatis, yang dikombinasikan dengan kemajuan teknologi atau analisis pasar, dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan data menjadi sinyal perdagangan dengan lebih cepat dan akurat.

Aset baru. Perubahan pasar energi memerlukan investasi pada teknologi baru dan infrastruktur jaringan listrik. Investasi dalam sistem penyimpanan energi baterai- battery energy storage systems (BESS) telah berkembang pesat, dengan investasi lebih dari $5 miliar pada tahun 2022 dan perkiraan akan mencapai $150 miliar pada tahun 2030. Selain itu, keterkaitan dengan komoditas lain, seperti hidrogen dan turunannya, serta keterbatasan terkait jaringan listrik, dapat menciptakan peluang untuk optimalisasi aset baru.

LNG

Pasar LNG terus tumbuh pada tahun 2023. Selain itu, LNG tetap penting untuk menjaga keamanan energi di Eropa, dengan kapasitas impor meningkat sebesar 40 billion cubic meters (bcm) pada tahun 2023, dengan tambahan kapasitas sebesar 30 bcm diperkirakan akan bertambah pada tahun 2023 – 2024.

Meskipun terjadi penurunan harga dan volatilitas gas alam (dibandingkan dengan rekor tertinggi pada tahun 2021-2022), didorong oleh produksi nuklir yang lebih kuat, berkurangnya permintaan dari sektor industri, dan kondisi musim dingin yang sejuk di negara-negara yang mengandalkan gas untuk pemanas, para pedagang mampu memanfaatkan tentang peluang antara Eropa dan Asia Timur.

Mengingat semakin pentingnya peran LNG di pasar gas global, khususnya Eropa, kami memperkirakan persaingan pasar juga akan semakin ketat. Dengan demikian, pedagang minyak dan gas serta pemain pedagang besar akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan perdagangan mereka pada suatu komoditas yang memiliki skala global dan neraca besar yang memberikan keunggulan kompetitif.

Sebagai contoh, perusahaan utilitas yang mengandalkan kontrak gas pipa jangka panjang, seperti yang ada di Eropa, dapat berupaya memperluas kemampuan perdagangan LNG mereka berdasarkan kekuatan pelanggan mereka yang sudah ada.

Pertanian

Pada tahun 2023, pasar pertanian menghadapi permintaan pangan dan pakan ternak yang tinggi; gangguan pasokan global seperti invasi Rusia ke Ukraina, yang merupakan eksportir biji-bijian utama; dan peningkatan biaya produksi (misalnya, harga pupuk dipengaruhi oleh lonjakan harga gas alam).

Mengingat terbatasnya bahan baku dan kapasitas pemrosesan, permintaan akan bahan bakar berkelanjutan yang berasal dari biji minyak telah meningkatkan margin fasilitas pengolahan biji minyak, dimana para pedagang biji minyak memperoleh nilai dengan memperdagangkan biji kedelai.

Pemain pertanian besar diharapkan dapat mempertahankan kendali atas sisi produksi, secara efektif mendorong perdagangan global sambil mengadopsi teknik dari pedagang minyak dan produk berbasis minyak. Tren ini kemungkinan besar akan diperkuat oleh peningkatan konektivitas antara harga pangan dan pertanian serta harga minyak dan produk berbasis minyak.

Pada saat yang sama, start-up baru dengan kemampuan teknologi yang kuat berpotensi mengganggu pasar. Demikian pula halnya dengan pedagang minyak dan produk berbasis minyak yang memiliki portofolio hilir yang memerlukan peralihan ke bahan bakar ramah lingkungan.

Namun, memperluas bisnis ke lokasi baru memerlukan pengetahuan lokal dan khusus karena peraturan dan pembatasan ekspor berbeda-beda di setiap pasar. Selain itu, peristiwa geopolitik dapat mengubah aktivitas ekspor dan impor secara drastis. Misalnya, Ukraina biasanya mengekspor produk pertaniannya terutama melalui pelabuhan di Laut Hitam, namun belakangan ini mulai menggunakan jalur alternatif.

Logam dan pertambangan

Logam dan pertambangan juga mengalami penurunan profitabilitas perdagangan pada tahun 2023. Meningkatnya harga energi meningkatkan biaya penambangan dan pemrosesan, sementara harga komoditas turun dibandingkan harga tertinggi pada tahun 2022.

Produksi nikel meningkat secara signifikan pada tahun 2023—terutama karena Indonesia—sementara litium mengalami penurunan. tingkat pertumbuhan yang lemah. Likuiditas yang lebih besar juga masuk ke sektor ini, dengan semakin banyaknya pelaku pasar yang mendirikan meja perdagangan logam untuk komoditas yang terkait dengan transisi energi.

Logam dan pertambangan diperkirakan akan menjadi lebih penting dalam beberapa tahun ke depan, dengan meningkatnya permintaan seiring dengan berkembangnya teknologi transisi energi.

Pada gilirannya, permintaan ini kemungkinan besar akan memunculkan kekuatan geopolitik baru dan dapat mengubah dinamika perdagangan yang kita ketahui. Pemain pertambangan besar, serupa dengan pemain minyak dan produk berbasis minyak, diperkirakan akan lebih banyak melakukan aktivitas perdagangan, sehingga mengakibatkan persaingan lebih lanjut. Meskipun demikian, penurunan margin menyebabkan produsen logam dan mineral menyusun kontrak offtake secara berbeda.

Kontrak-kontrak baru semakin beralih dari formula berbasis harga yang sederhana dan malah berfokus pada mengamankan pembagian margin yang dapat dicapai produsen dengan mengolah bahan mentah—misalnya, mengolah litium menjadi baterai yang diperlukan untuk BESS atau kendaraan listrik (EV).

Peluang bagi pendatang baru kemungkinan besar hanya terbatas pada logam minor, seperti mangan tingkat baterai, atau pasar sekunder. Hal terakhir ini menjadi semakin penting karena bahan bekas dan daur ulang merupakan bagian integral dari ekonomi sirkular.

Pada saat yang sama, pasar logam minor, yang juga mencakup kobalt, sebelumnya ditandai dengan volume perdagangan yang rendah dan transparansi harga yang terbatas, namun kini semakin matang dan mendapatkan momentum, sehingga menciptakan peluang baru bagi pedagang berbasis data. Misalnya, permintaan uranium diperkirakan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan karena diperlukan lebih banyak kapasitas energi nuklir untuk mengisi kesenjangan dalam bauran energi ramah lingkungan.