(Photo: Infopublik)

Jakarta Siap Tawarkan Paket Wisata Tematik yang Menarik

(Beritadaerah-Jakarta) Paket wisata tematik di Jakarta tengah dipersiapkan dan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) berkolaborasi dengan para stakeholder akan membuat paket wisata bertema leisure tourism, business, MICE, student, dan minat khusus untuk memanjakan wisatawan asing.

Dikutip dari siaran pers Pemprov DKI Jakarta pada Kamis (14/3/2024), Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, menyampaikan bahwa Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang eksotis di berbagai wilayah, seperti wisata sejarah di Kota Tua, wisata kuliner, wisata fashion atau perbelanjaan di Tanah Abang dengan kemudahan mobilisasi wisatawan untuk berkunjung dari satu destinasi ke tempat lainnya.

Kondisi tersebut juga ditunjang dengan aksesibilitas transportasi yang sudah terintegrasi antarmoda dan memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Jakarta. Berbagai jenis akomodasi juga mudah ditemui di Jakarta, dari hotel berbintang hingga penginapan yang menawarkan pengalaman hidup layaknya warga lokal ibu kota, demikian penjelasan Andhika.

Ia juga mengatakan bahwa Jakarta juga memiliki destinasi wisata seperti Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kawasan kuliner di Jalan Sudirman hingga Thamrin, pusat kebudayaan, serta destinasi bahari yang sungguh indah laut dan pantainya di Kepulauan Seribu.

Sebagai kota global, Jakarta akan terus berupaya menyiapkan infrastruktur terbaik untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan. Selain menjadi titik temu budaya dari segala penjuru Indonesia, Jakarta juga menjadi tempat berkumpulnya berbagai unsur modern dan tradisional. Oleh karena itu, kita akan terus berupaya untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang nyaman bagi semua, Andhika tambahkan.

Ketua DPD Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA) DKI Jakarta Hanien Chang, turut menyampaikan bahwa Jakarta adalah kota pariwisata, maka dari itu pihaknya akan berkolaborasi dengan Disparekraf DKI Jakarta untuk mengembangkan potensi wisata di Jakarta guna dinikmati wisatawan dari mancanegara.

Pada HUT Kota Jakarta nanti, kami akan berkolaborasi dengan Dinas Parekraf DKI Jakarta untuk merencanakan agenda pemasaran pariwisata di Jakarta. Semoga hal itu dapat berlangsung dengan baik dan lancar, demikian disampaikan Hanien.

Kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta yang siap untuk dinikmati oleh wisatawan asing, juga memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha seperti akomodasi dan transportasi perjalanan atau travel. Hal tersebut sesuai dikatakan oleh Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) sekaligus Sekjen Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan President Federation of ASEAN Travel Association (FATA), Pauline Suharno, yang menyatakan bahwa Jakarta adalah kota global berkelanjutan dengan berbagai fasilitas umum bertaraf internasional telah memadai untuk menunjang sektor pariwisata dunia.

Pauline sampaikan bahwa dari berbagai kota di belahan dunia yang pernah dia kunjungi, menurutnya Jakarta is developing. Hal itu juga diungkapkan rekan-rekan bisnisnya dari berbagai mancanegara dan mereka takjub melihat perkembangan kota ini. Mulai dari transportasi umum MRT, LRT, Whoosh, pusat perbelanjaan, dan beragam kuliner menarik lainnya.