(Photo: Infopublik)

Kampung Karamba Diharapkan Menjadi Contoh Dari Sisi Pelestarian Lingkungan

(Beritadaerah-Lumajang) Kampung Karamba di Kelurahan Ditotrunan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dikunjungi oleh Tim verifikasi dan validasi Lapangan Nominator Penghargaan Kalpataru 2023 Kementerian KLHK RI, Rabu (3/5/2023).

Nominator Penerima Penghargaan Kalpataru Ketegori Pengabdi Lingkungan, Hariyadi Eko Romadon menjelaskan, Kampung Karamba nantinya diharapkan menjadi contoh yang baik, mulai dari sisi pengelolaan maupun pelestarian lingkungan.

“Kegiatan kita sehari-hari yang kita lakukan jelas bagaimana kampung ini bisa menjadi percontohan yang baik. Disini sudah menjadi kampung Karamba, layak anak, Pancasila kemudian kampung anti narkoba,” jelasnya.

Selain itu, dijelaskan Eko, bahwa potensi kelestarian lingkungan di Kampung tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi anak-anak untuk terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan positif, misalnya membiasakan untuk mencintai lingkungan bersih dan sehat.

“Yang kita laksanakan utama adalah mengerjakan anak-anak itu sebagai harapan aset kita di masa depan, ini yang harus kita berikan edukasi yang luar biasa. Sehingga anak-anak dikampung ini bisa mengalami perbedaan, kemudian terbiasa melihat lingkungan bersih dan sehat,” terang dia yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Lumajang (UNILU).

Tak hanya itu, Eko juga mengajarkan konsep 4J kepada anak-anak, yang artinya Jangan tunggu orang lain dan mulai dari diri sendiri, Jangan melakukan sesuatu yang besar dahulu, mulailah dari yang kecil, Jangan melakukan sesuatu dari yang sulit, mulailah dari yang mudah, kemudian jangan tunggu orang lain laksanakan sekarang juga.

“Jadi itu merupakan konsep yang kita usung untuk bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.