(Photo: Henny/BD)

Bunga Iris Putih Yang Cantik Memikat Hati

(Beritadaerah-Wisata Nusantara) Bunga Iris Putih atau nama lainnya sering disebut Walking Iris ( nama Latin Neomarica Gracilis ) merupakan salah satu jenis bunga dari famili Iridaceae yang terdiri dari 300 species. Bunga Iris merupakan salah satu bunga tahunan yang mempunyai tampilan yang menarik.

Tanaman penutup tanah atau pot yang menarik ini sangat mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Bunga Iris ini memiliki wangi yang lembut, memiliki warna Putih dan ungu, mudah ditumbuhkan dan berkembang biak dengan cepat, tanaman yang kuat dengan hampir tidak ada masalah gangguan Hama dan penyakit pada tanaman ini.

Setelah ditanam pun Bunga Iris tidak memerlukan perawatan intens tetapi akan tetap tumbuh lebat berbunga. Saat berbunga setiap tahunnya, jumlah Bunga akan bertambah semakin banyak. Kira-kira dalam sebulan dapat berbunga 4 sampai 6 kali di tanah yang berdrainase lembab pada musim semi dan musim panas.

(Photo: Henny/BD)

Tanaman kecil yang baru akan tumbuh di ujung batang bunga, dimana jika ia terkulai dan menyentuh tanah akan tumbuh menjadi rumpun baru. Kebiasaan propogatif inilah yang memberi nama tanaman ini ‘Walking Iris‘.

Bunga Iris Putih dapat menjadi tanaman pelengkap yang bagus dibebatuan, sekitar Kolam, pembatas jalan setapak, atau hanya sebagai pengisi taman.

Jika Anda ingin mencoba menanam bunga Iris di dalam ruangan, cukup letakan pot Bunga Iris Anda didekat jendela besar yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bagaimana apakah Anda ingin memiliki tanaman ini di rumah Anda?

Journalist: Henny Thio
Editor: Endah Caratri