(Beritadaerah-Kolom) Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam, telah menjadi tuan rumah dari berbagai event olahraga pariwisata (sport tourism) yang menarik. Untuk event sport tourism internasional yang pernah dilaksanakan di Indonesia antara lain event World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat; Aqua Bike dan Powerboat H2O di Danau Toba, Sumatera Utara; ANOC World Beach Games di Bali.
Sport Tourism adalah jenis pariwisata di mana orang-orang melakukan perjalanan untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga atau untuk menonton pertandingan olahraga. Sport tourism telah menjadi industri yang berkembang pesat di banyak negara di dunia, karena semakin banyak orang yang mencari pengalaman wisata yang aktif dan menarik. Event sport tourism yang terkenal di dunia antara lain Olympics. Formula 1 World Championship, Tour de France, Boston Marathon, dan lainnya. Masih banyak lagi acara sport tourism populer lainnya yang diselenggarakan di seluruh dunia, yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya dan memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian.
Dampak Positif Event Sport Tourism
Ada beberapa dampak positif dari event penyelenggaraan sport tourism di Indonesia yang didapatkan daerah antara lain, memberikan peningkatan pendapatan daerah. Industri pariwisata olahraga telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia melalui pendapatan dari tiket, akomodasi, konsumsi wisatawan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Dari sisi infrastruktur, secara tidak langsung, persiapan event sport tourism akan melakukan pengecekan fisik lokasi yang akan digunakan. Untuk itu pembangunan fasilitas olahraga telah meningkatkan infrastruktur di daerah-daerah tertentu, yang dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat, seperti akses jalan, pelabuhan, terminal, ketersedian alat angkutan masal dan lainnya.
Hal lain yang didapatkan dari penyelenggaraan sport tourism di Indonesia telah membantu mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata. Peserta mancanegara dapat menjadi influencer atau memberi pengaruh dengan mengunggah event tersebut, sehingga banyak pengikut atau orang tahu tentang event tersebut. Terakhir dampak yang terjadi dari kegiatan sport tourism juga membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Event Sport Tourism Lokal
Event Bali Marathon 2024 yang telah berlangsung hari Minggu pada tanggal 25 Agustus 2024 terbilang sukses. Dari konfrensi pers yang digelar panitia disampaikan ada 12.700 peserta yang mengikuti lomba. jumlah ini sangat besar dalam skala peserta. Bahkan pesertanya bukan hanya dari peserta lokal berbagai daerah di Indonesia tapi lebih dari 57 negara yang ikut dalam event ini.
Yang menarik dari event ini adalah bagaimana penyelenggaraan event marathon dengan konsep sport tourism ini memberikan dampak positif ke berbagai sektor di Bali. Seperti mulai dari tiket pesawat, UMKM, akomodasi hotel dan lainnya juga. Produk yang ditawarkan terkait dengan event dan produk khas Bali mengalami peningkatan penjualan, dimana banyak peserta yang mengunjungi dan membelinya. Bisa dilihat juga bagaimana perputaran uang yang terjadi dan perekonomian pastinya sangat besar selama persiapan dan sampai selesai event.
Melihat keberhasilan event ini maka pentingnya daerah juga membuat event sport tourism. Dalam menyelenggarakan event sport tourism, daerah membutuhkan perencanaan yang matang dan detail. Dimulai dari pemilihan cabang olahraga yang sesuai dengan target pasar dan karakteristik daerah. Dapat juga olahraga yang dpilih mengikuti tren saat ini seperti lari dan marathon. Dibuat tema yang menarik sport tourism dan unik untuk membedakan event ini dengan event lainnya dengan menawarkan destinasi wisata yang ada.
Kesiapan akomodasi seperti transportasi, aksesibilitas ke lokasi wisata, hotel, tempat penginapan, restoran atau warung makan, toko souvenir dan lainnya harus dipersiapkan dengan baik oleh daerah. Bila ada akses jalan yang rusak dapat segera diperbaiki, dan juga lakukan pembenahan untuk infrastruktur yang ada.
Yang tidak kalah penting, adalah aspek marketing dan promosi. Dengan era digital saat ini daerah dapat promosikan event melalui berbagai platform media sosial. Selain itu dapat menjalin kerjasama dengan media lokal dan nasional untuk mendapatkan publisitas. Masyarakat dan komunitas lokal yang ada di daerah dapat dilibatkan dalam penyelenggaraan event guna meningkatkan partisipasi dan dukungan. Daerah juga menyiapkan anggaran dan menjalin kerja sama dengan pihak sponsorship untuk membantu membiayai event dan mendapatkan eksposur yang lebih luas.
Setiap daerah yang menyiapkan event sport tourism dapat merencanakan event secara berkelanjutan agar menjadi agenda tahunan yang dinantikan. Langkah ini untuk menciptakan identitas yang kuat bagi suatu destinasi. Misalnya, jika sebuah kota selalu menyelenggarakan maraton setiap tahun, maka kota tersebut akan dikenal sebagai “kota maraton”. Masih banyak aspek yang harus dipersiapkan tapi secara garis besar sudah disampaikan dalam beberapa poin diatas.
Secara keseluruhan, melihat peluangnya perkembangan sport tourism di Indonesia merupakan tren positif yang dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya bagi daerah dan negara.Dengan mengatasi tantangan yang ada dan terus mengembangkan sektor ini dengan menyelenggarakan event sport tourism secara konsisten setiap tahun, maka event tersebut sangat terbuka menjadi salah satu destinasi wisata olahraga terkemuka di Indonesia dan dunia.