Keindahan Danau Ranu Regulo di Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang

(Beritadaerah – Lumajang) Desa Ranupani di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dapat menjadi alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi para pecinta camping yang rindu dengan suasana alam dan keindahan Gunung Semeru. Desa wisata ini berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan menjadi desa terakhir dalam pendakian ke Gunung Semeru.

Ranu Regulo merupakan danau indah di Desa Ranupani yang menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Keindahan alamnya serta suasana damai di tepi danau, dan panorama langit malam yang dipenuhi bintang membuat Ranu Regulo menjadi destinasi ideal untuk camping wisata.

Kawasan ini dikelola dan ditata dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang bekerjasama dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bersama BUMDes, Pokdarwis, dan masyarakat sekitar.

Setiap akhir pekan dan hari libur, kawasan ini banyak dikunjungi sebagai tempat berkemah di pinggir danau, suasana itu yang dirindukan pengunjung untuk menikmati keindahan danau.

Untuk menjaga kelestarian alam dan memberikan pengalaman wisata yang optimal, Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Ranupani memberlakukan pembatasan kuota kunjungan harian sebanyak 1.000 orang dan kuota berkemah sebanyak 500 orang. Langkah tersebut diambil untuk menjaga keberlanjutan lingkungan serta memastikan pengalaman berkemah yang berkualitas.

Foto: Infopublik, Kemenparekraf