Kerja Sama Indonesia dan Jerman Kembangkan Infrastruktur Transportasi Ramah Lingkungan

(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Jerman terus bekerja sama mengembangkan sistem transportasi hijau, sebagai dukungan terhadap implementasi The Green Infrastructure Initiative atau inisiatif infrastruktur hijau. Demikian yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya di Jakarta pada Rabu (15/11).

“Kedua negara telah menjalin hubungan baik selama sekitar 60 tahun dan telah bekerja sama mengurangi emisi karbon untuk memerangi perubahan iklim,” kata Menhub Budi.

Menhub mengungkapkan, sektor transportasi merupakan salah satu penyumbang emisi karbon. Untuk itu, Kemenhub terus berupaya menciptakan sistem transportasi yang ramah lingkungan.

Pemerintah Jerman melalui KFW Development Bank sepakat mengimplementasikan kerja sama pendanaan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan (transportasi hijau) di sejumlah kota di Indonesia. Sebagai contoh inisiatif kerja sama Indonesia dengan Jerman melalui KFW yaitu, pembangunan sistem Bus Rapid Transit (BRT) di Semarang dan Surabaya, serta perkeretaapian di Surabaya.

Terakhir, Menhub Budi berharap kedepannya, semoga lebih banyak proyek transportasi hijau yang segera akan dimulai, sejalan dengan rencana jangka menengah (RPJMN) 2025-2029.