Microgrid
Atraksi Budaya Pasola di Sumba Barat, NTT (Foto : Kemendesa)

Microgrid Tenaga Surya Membawa Listrik Sebentar ke Desa Terpencil di Sumba

(Beritadaerah-Kolom) Pada tahun 2017, Pemerintah pusat dan Millennium Challenge Corp., cabang bantuan luar negeri AS, mulai memasang jaringan listrik mikro – Microgrid untuk memberi warga akses aliran listrik yang konstan untuk pertama kalinya. Dalam dua tahun, tinggal 3% rumah tangga saja yang masih terhubung ke jaringan menggunakan energi tak terbarukan, turun dari 21% sebelum dipasang, menurut Millennium Challenge.

Pada awalnya, kehidupan di desa Prai Witu di Sumba itu berubah. Seluruh jaringan, jika selesai, mencakup 300 lampu jalan dan 48 kilometer jalur distribusi. Lebih dari 850 rumah dan 50 fasilitas umum dapat dialiri listrik sepanjang hari dari 11 jaringan mikro.

Sebuah perusahaan lokal, PT Mikro Kisi Sumba, didirikan untuk menjalankan jaringan dan mengumpulkan pembayaran listrik. Orang-orang yang terhubung ke jaringan dapat membayar sambil berjalan, menambahkan uang ke rekening mereka untuk mengakses listrik. Puskesmas melakukan investasi peralatan bertenaga listrik untuk sanitasi alat dan lemari pendingin untuk menyimpan vaksin dan serum antibisa.

Namun, segera, tanda-tanda muncul bahwa segala sesuatunya tidak berjalan lancar. Beberapa bulan setelah konstruksi selesai, beberapa paket baterai mulai bocor. Peralatan lain terbakar. Sementara perusahaan yang menyediakan baterai telah menjamin mereka selama 10 tahun, bisnis ditutup dan tidak dapat memenuhi kesepakatan.

Kinerja sistem mulai memburuk dan akhirnya berhenti bekerja. Itu membuat perusahaan tidak memiliki penghasilan untuk tetap berfungsi. Untuk menghidupkan kembali jaringan grid, dibutuhkan sekitar 100.000 dolar per tahun untuk pemeliharaan dan operasi, ditambah hampir 560.000 dolar untuk mengganti baterai yang rusak. Hingga Januari 2021, akhirnya perusahaan berhenti beroperasi karena kehabisan dana yang dibutuhkan.

Sekarang microgrid tidak digunakan dan banyak penduduk telah kembali ke kehidupan lama mereka. Di Puskesmas, pasien yang datang pada malam hari harus datang dengan membawa senter. Kurniawan Ndjurumana, Kepala Puskesmas, menganjurkan ibu bersalin membawa banyak baterai ekstra. Terkadang mereka mungkin membawa ponsel ke ruang bersalin untuk dijadikan sebagai sumber cahaya tambahan.

Proyek Prai Witu adalah salah satu dari banyak proyek serupa di seluruh dunia yang dimaksudkan untuk melayani tempat-tempat terpencil yang belum terhubung ke jaringan listrik yang lebih besar. Pada tahun 2020, investasi dalam proyek solar off-grid berjumlah sekitar 316 juta dolar Amerika, menurut data dari GOGLA, sebuah asosiasi industri. Mereka sebagian besar menggunakan panel surya untuk memberi daya pada peralatan kecil, seperti lampu atau pompa air, tetapi jaringan dapat memberikan daya ke seluruh komunitas rumah dan bisnis. Dipasangkan dengan baterai, listrik dapat tersedia sepanjang hari. Bahkan tanpa baterai, itu berarti tempat-tempat tanpa listrik bisa mendapatkan listrik tanpa membakar bahan bakar yang mencemari.

Solar Off-Grid Investment

Microgrid

Source: GOGLA Investments Database, 2020

Namun pengalaman Prai Witu menunjukkan tantangan dalam mempertahankan program yang bermaksud baik. Sumba, pulau seluas 4.000 mil persegi yang menampung Prai Witu dan desa-desa lainnya, berjarak sekitar dua setengah jam perjalanan dengan pesawat dari ibu kota Jakarta. Karena letaknya yang sangat jauh, pulau ini hanya melihat sedikit investasi dalam infrastruktur listriknya bahkan saat Indonesia telah mengambil langkah signifikan untuk mendapatkan listrik bagi lebih banyak masyarakatnya. Antara tahun 2000 dan 2016, jumlah orang di Indonesia tanpa akses listrik menurun lebih dari 75% menjadi 23 juta, bahkan ketika total populasi meningkat hampir seperempat, menurut Badan Energi Internasional. Banyak dari mereka yang masih tanpa listrik berada di provinsi seperti Nusa Tenggara Timur, yang terdiri dari lebih dari 500 pulau termasuk Sumba.

Sebagian besar jaringan listrik Indonesia dipasok oleh pembangkit bahan bakar fosil besar yang menggunakan batu bara dan gas alam. Tidak masuk akal secara ekonomi untuk membangun fasilitas seperti itu hanya untuk melayani populasi pulau kecil. Tetapi karena biaya panel surya menurun, energi terbarukan muncul sebagai alternatif yang semakin ekonomis. Dan tidak seperti pembangkit listrik besar yang kotor, tenaga surya dapat digunakan dalam skala yang sangat kecil untuk memanfaatkan sinar matahari yang merupakan sumber daya yang melimpah bahkan di pulau-pulau yang paling jauh sekalipun.

Baca juga :PLN Terangi Desa-Desa Terpencil Papua Dengan Energi Tenaga Surya

Bagi masyarakat Prai Witu, tenaga surya adalah hal yang bagus. Harga listrik ditetapkan pada 1.860 rupiah untuk satu kilowatt jam. Itu sedikit lebih tinggi daripada harga listrik bersubsidi yang dijual oleh Perusahaan Listrik Negara milik negara, yang tidak dapat diakses oleh penduduk desa karena mereka tidak terhubung ke jaringan listrik milik negara.

Seorang warga membeli lemari es setelah jaringan listrik aktif dan mendirikan usaha kecil yang menjual minuman dingin dan es manis. Sejak padamnya listrik di Prai Witu dia kembali bekerja sebagai tukang kayu di luar rumah ibunya, menggunakan generator diesel untuk menyalakan peralatannya. Pada malam hari biasa, generator menggunakan lima liter bahan bakar, yang harganya sekitar dua pertiga lebih mahal dari yang dibayar penduduk desa selama sebulan penuh dengan jaringan listrik.

Warga yang lain berinvestasi di beberapa elektronik saat jaringan beroperasi, termasuk TV dan peralatan salon untuk istrinya. Saat ini toko miliknya di sebelah pasar desa adalah salah satu dari sedikit bangunan yang menyala di malam hari, ditenagai oleh panel surya mini yang hanya dapat digunakan untuk satu atau dua jam listrik. Keluarganya menghubungkan panel kecil ke aki mobil mereka, tetapi masih tidak dapat menyimpan daya yang cukup untuk mengisi penuh daya ponsel. Jadi mereka juga berbagi generator berbahan bakar bensin dengan tetangga, mengandalkan campuran energi lama dan baru.

Namun, ada harapan di Prai Witu untuk mempertahankan jaringan energi bersih. Puskesmas memasang tata surya sendiri di atap. Di rumah, orang-orang telah kembali menggunakan generator, tetapi banyak juga yang membeli panel surya mini untuk menyalakan lampu dan mengisi peralatan listrik.

Bagi daerah-daerah terpencil di Indonesia maka tenaga listrik dengan menggunakan energi terbarukan adalah solusi yang dibutuhkan. Ketersediaan energi terbarukan dalam berbagai jenis sangat berlimpah, mulai dari tenaga air, angin, surya, panas bumi dan lain sebagainya ada di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh PLN.

Baca juga :Energi Terbarukan: Tren Energi Masa Depan

Indonesia memiliki kekayaan yang besar dalam energi terbarukan. Presiden Jokowi dalam pidatonya di banyak tempat sering membanggakan kekayaan Indonesia dalam energi terbarukan. Presiden menyebutkan kekayaan itu meliputi energi air, matahari, angin, panas bumi, gelombang laut, dan masih banyak lagi jenis yang lain.

Serangkaian proses untuk mewujudkan kekayaan EBT Indonesia menjadi kesejahteraan masyarakat membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang banyak. Merealisasikan kekayaan alam Indonesia menjadi kesejahteraan untuk penduduknya adalah sebuah tantangan yang sekarang dihadapi oleh Indonesia di energi terbarukan.Tantangan besar sekarang ini adalah kebutuhan dana untuk membangunnya. Dengan bantuan universitas dan juga berbagai lembaga donor dari negara maju, telah diberikan bantuan untuk mampu menangani akan hal ini.