(Foto : Pemkot Cirebon)
(Foto : Pemkot Cirebon)

Perizinan Berbasis Tata Ruang Dipermudah Dengan Adanya Sinergitas Pemda dan BPN Kota Cirebon

(Beritadaerah – Cirebon) Terkait investasi dan perizinan berbasis tata ruang, Pemerintah Daerah Kota Cirebon berharap adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan BPN Kota Cirebon.

Setelah mengikuti upacara dalam rangka peringatan Hari Agraria 2021 di halaman kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Cirebon, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si memberikan ucapan selamat kepada jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI yang merayakan hari agraria dan tata ruang.

Sesuai arahan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN RI, menjadi fokus yang utama yang harus dilakukan saat ini adalah pemulihan ekonomi dan pemudahan berusaha, serta melakukan layanan perizinan secara profesional. Sekda kota Cirebon berharap kemudahan mengurus perizinan berusaha berbasis tata ruang di Kota Cirebon juga bisa diterapkan.

Dengan adanya kolaborasi, kerjasama dan sinergitas antara Pemda Kota Cirebon dan BPN Kota Cirebon, membuat Sekda kota Cirebon meyakini bahwa kemudahan layanan perizinan berbasis tata ruang dapat dilakukan. Menyinggung Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang hampir 9 tahun dibahas, disampaikan Sekda kota Cirebon, saat ini sudah memasuki babak akhir pembahasan.

Awal Oktober mendatang, lanjut dia, akan dilakukan pembahasan lintas sektor dan jika selesai Peraturan Wali Kota Cirebon terkait RDTR bisa ditetapkan. Adanya RDTR ini, menurutnya dapat mempermudah investasi. Perizinan yang sebelumnya sempat tertunda karena belum adanya RDTR juga bisa berjalan kembali.

Sementara itu, Kepala BPN Kota Cirebon, Setyo Anggraeni S.T., M.E. berharap pada peringatan HUT UU Nomor 5/1960 tentang Agraria, Kantor BPN Kota Cirebon dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Cirebon. Kepala BPN Kota Cirebon mengatakan bahwa mereka juga selalu berinovasi dan melakukan kerjasama yang baik dengan Pemda Kota Cirebon. 

Pada peringatan hari agraria tersebut juga diberikan penghargaan Satyalancana kepada pegawai di lingkungan kantor BPN Kota Cirebon, serta penyerahan 4 sertifikat kepada sejumlah instansi.