Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang Bowo Adrianto menyebutkan, Ruspin Optimis tersebut dibangun di atas lahan seluas 30 meter persegi dengan total luas lantai bangunan seluas 42 meter persegi (rumah bertingkat).
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang Bowo Adrianto menyebutkan, Ruspin Optimis tersebut dibangun di atas lahan seluas 30 meter persegi dengan total luas lantai bangunan seluas 42 meter persegi (rumah bertingkat).

Tingkatkan Kualitas Hidup, Pemkot Magelang Resmikan Ruspin Optimis Wates

(Beritadaerah – Kota Magelang) Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang meresmikan Rumah Unggul Sistem Panel Instan – Omah Panel Tingkat Milik Sederhana (Ruspin Optimis) yang terletak di Kampung Sanggrahan Legok, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara.

Peresmian dihadiri Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur berserta jajarannya, perwakilan dari Kodim 0705/Magelang Kapten Inf. Rizky Sudarmanto, Pejabat Forkopimda atau yang mewakili, Kepala Disperakim Provinsi Jawa Tengah atau yang mewakili, Kepala Balai P2P Jawa III Kementrian PUPR atau yang mewakili, Kepala OPD terkait dan seluruh warga penghuni Ruspin Optimis.

Mansyur menyampaikan, Ruspin Optimis merupakan wujud komitmen Pemkot Magelang dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat dengan menyediakan rumah layak huni. Disebut layak huni maka harus mempertimbangkan berbagai aspek antara lain keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan dan kesehatan penghuni.

“Semoga Ruspin Optimis ini dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya dan berlanjut pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” kata Mansyur.

Dia berpesan, agar rumah bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan cara menjaga dan merawatnya. Mansyur mengungkapkan rasa syukur atas ikhtiar dan sinergi bersama jajaran Kodim 0705/magelang sehingga Ruspin Optimis dapat terwujud.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang Bowo Adrianto menyebutkan, Ruspin Optimis tersebut dibangun di atas lahan seluas 30 meter persegi dengan total luas lantai bangunan seluas 42 meter persegi (rumah bertingkat). Jumlahnya 26 unit, masing-masing terdiri dari bangunan rumah dua lantai dan kamar mandi. Bangunan rumah ini dibangun oleh Pemkot sejak bulan Oktober 2023.

“Ruspin Optimis merupakan adopsi dari program Pemprov Jateng berupa “Tuku Lemah Oleh Omah”. Pemilik yang awalnya penghuni rumah susun ini bersama-sama membeli tanah dan mengajukan bantuan pembangunan rumah ke Pemkot. Kita alokasikan bantuan Rp 50 juta per rumah,” terangnya.

Perwira Penghubung Kodim 0705 Magelang, Kapten Inf. Rizky Sudarmanto mengapresiasi kemitraan dengan Pemkot Magelang. Pihaknya menerjunkan anggota untuk membantu pembangunan rumah ini dari awal hingga selesai. Diharapkan Ruspin Optimis memberikan manfaat dan kenyamanan masyarakat.

“Kami harap rumah ini memberi manfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Semoga sinergi ini tetap terjaga bahkan makin meningkat ke depannya,” ungkapnya.

Perwakilan Paguyuban Penghuni Ruspin Optimis, Andreas mengaku, sangat bahagia karena akhirnya impian mempunyai rumah bisa terwujud berkat bantuan Pemkot Magelang dan Kodim 0705/Magelang. Sebelumnya dia dan sekeluarga tinggal mengontrak dan terakhir di rumah susun.

“Terimakasih kepada Pemkot Magelang atas kesempatan yang luar biasa ini. Impian kami punya rumah bisa terwujud. Termasuk kepada Kodim 0705/Magelang yang ikut bekerja keras membangun rumah kami,” ungkapnya.

Ia menyatakan, hasil pembangunan di luar perkiraan. Sebab, ia mendapat fasilitas bangunan yang berkualitas, yakni memakai batu batako, atap dan kanopi pakai baja ringan, jendela dan pintu pakai kayu jati, serta paving di teras rumah yang kuat.