Dorong Penggunaan EBT, Pemprov Jabar Luncurkan Forum Energi Daerah

(Beritadaerah – Bandung) Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong akselerasi transisi energi ke Energi Baru Terbarukan (EBT). Melalui Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Provinsi Jawa Barat meluncurkan Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat, pada acara Launching dan Diseminasi Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat, Rabu (14/6/2023) di Trans Convention Centre, Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto No.289, Kota Bandung.

Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadyah Dwidaningsih mengatakan Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat ini telah ditetapkan oleh Keputusan Gubernur Nomor:031/Kep.9-DESDM/2023 Tentang Forum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 12 Januari 2023.

“Forum Energi Daerah ini mengemban tugas mewujudkan suatu perencanaan dan pengelolaan energi lintas sektoral yang sinergis dan terintegrasi dalam mewujudkan tujuan serta target Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Jawa Barat,”kata Ai yang dikutip laman Jabarprov, Kamis (15/6).

Kemudian menurut Ai, untuk mendukung kebijakan transisi energi yang telah menjadi isu strategis di lingkup global dan nasional harus dikedepankan dan diperhatikan.

“Di lingkup global, isu ini telah disepakati di dalam KTT pemimpin dunia terkait perubahan iklim (COP27) yang fiselenggarakan di Mesir, dimana Indonesia¬† telah menyampaikan komitmen terbarunya berupa Nationally Determined Contribution (NDC) untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 31.89% dengan upaya sendiri (Unconditional) dan sebesar 43.20% dengan dukungan internasional (Conditional),” tutumya.

‘”Tentu menjadi tugas kita bersama untuk menangkap isu global dan nasional ini. Dan turut mengupayakan dan menyokong target-target tersebut melalui fasilitasi program-program terkait yang dapat dieksplorasi di Jabar,” imbuhnya.

Ai menegaskan, kesemua hal tersebut bisa diupayakan mengingat Jawa Barat memiliki potensi Sumber Daya Alam Dan Energi, khususnya energi primer yang besar dan bervariasi.

Ai menyatakan bahwa dalam merencanakan dan mengupayakan hal-hal tersebut, terdapat tantangan dan permasalahan, khususnya terkait dengan dinamika organisasi dan kewenangan yang dimiliki pemerintah daerah provinsi di lingkup Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Diacara yang sama, Anggota Dewan Energi Nasional Unsur Pemangku Kepentingan Satya WidyaYudha menyatakan bahwa dirinya mengapresiasi dengan dibentuknya Forum Energi Daerah Provinsi Jabar. Dan bisa diikuti oleh provinsi lain di Indonesia.