Mudik 2023
InfoPublik

Mudik 2023 Terselenggara Dengan Aman & Lancar

(Beritadaerah – Jakarta) Penyelenggaraan mudik 2023 yang berjalan dengan aman dan lancar, adalah  hasil dari kerja bersama seluruh pemangku kepentingan, demikian dijelaskan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Hal itu disampaikan Menhub Ketika  menanggapi hasil survei evaluasi publik atas penanganan mudik 2023 yang dibuat  oleh salah satu lembaga survei yaitu Indikator, yang menyatakan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan mudik 2023 sebesar 78 persen atau meningkat dibandingkan 2022 sebesar 73 persen.

Lonjakan pemudik yang sudah diperkirakan  akan terjadi pada tahun ini dapat diantisipasi dengan baik. Itu adalah hasil  kerja sama dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan,” ujar Menhub, dalam keterangan tertulisnya Senin (15/5/2023).

Beberapa pihak yang telah diapresiasi oleh Menhub karena sudah  terlibat dan mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik 2023  antara lain adalah  TNI, Polri, Kemenko PMK, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Kominfo, Kemenkes, Kemenparekraf, Kemendagri dan Pemerintah Daerah, BMKG, Basarnas, KNKT, BNB, Operator Transportasi, Operator Jalan Tol, asosiasi, media dan unsur terkait lainnya.

“Terima kasih dan apresiasi juga kepada masyarakat yang dengan kooperatif telah mengikuti imbauan dan mengikuti aturan dengan tertib, sehingga dapat turut mewujudkan harapan mudik yang aman dan berkesan,” tutur Menhub.

Selanjutnya  Menhub juga  menyampaikan bahwa  sejumlah evaluasi akan dilakukan agar  arus mudik dan balik Lebaran tahun depan dapat  ditangani dan 5berjalan lebih baik lagi, khususnya di titik-titik krusial seperti di Jalur Tol Trans Jawa serta  Pelabuhan Penyeberangan Merak – Bakauheni.

“Pelaksanaan   mudik tahun depan pastilah   akan lebih menantang karena animo masyarakat yang mudik diprediksi akan semakin tinggi dan harapan masyarakat atas kelancaran arus mudik dan balik juga akan semakin tinggi,” ucap Menhub.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah  mencatat jumlah penumpang angkutan umum pada arus mudik dan balik tahun ini meningkat hingga  12,98 persen jika dibandingkan dengan 2022. Disamping  itu total jumlah kendaraan pada arus mudik dan balik meningkat 6,1 persen jika dibandingkan dengan 2022.

Berdasarkan hasil survei evaluasi penanganan mudik 2023 yang dilakukan lembaga survei Indikator, kepuasan atas penyelenggaraan mudik dari kelompok masyarakat yang melakukan mudik (kelompok pemudik) jauh lebih tinggi yaitu mencapai 89,5 persen.

Masyarakat paling banyak merasa puas dengan kondisi pengaturan lalu lintas (81,8 persen) selama arus mudik/balik lebaran 2023, kemudian angkutan umum (73,4 persen), ketersediaan bahan bakar (71,8 persen), dan kondisi jalan (64,3 persen).

Selanjutnya, diasumsikan pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mencapai 132-134 juta orang atau tidak jauh berbeda dengan survei yang dilakukan Kemenhub dengan perkiraan mencapai 123,8 juta orang