Bantuan Masa Panik Daerah Dampak Banjir di Aceh

Bantuan Masa Panik Daerah Dampak Banjir di Aceh

(Beritadaerah – Aceh) Seluruh kabupaten yang dilanda banjir di provinsi paling barat Indonesia dipastikan Dinas Sosial (Dinsos) Aceh,  mendapat bantuan masa panik, dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar bagi korban melalui stok pengaman atau buffer stock Dinsos Aceh, demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal

Ada beberapa kabupaten di daerah Tanah Rencong itu terendam banjir dalam dua hari terakhir, meliputi Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Yusrizal ikut mengantar langsung satu truk bantuan sandang dan pangan ke Bireuen. Sementara untuk Aceh Utara, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Tamiang, dan Aceh Timur juga sudah tersalurkan melalui gudang buffer stock milik Dinsos Aceh.

Gudang buffer stock logistik di kabupaten/kota di Aceh memang rutin diisi dengan berbagai kebutuhan sandang dan pangan, dalam upaya mempercepat penyaluran bantuan masa panik dari pemerintah kepada korban terdampak dari setiap bencana.

Persediaan Setelah diisi pada Desember 2022 barang buffer stock di lima kabupaten seperti Pidie, Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Tamiang ini sudah disalurkan kepada korban banjir.

Saat ini bantuan sandang pangan di buffer stock Dinsos Aceh di daerah juga sudah sangat menipis, sedangkan wilayah terdampak banjir dalam dua hari terakhir ini juga cukup luas.

Korban terdampak juga mendapat tambahan bantuan dari Kemensos RI untuk wilayah Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen. Dimana lokasi tersebut merupakan wilayah yang luas terkena akibat dari banjir.

Kabupaten Pidie  bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa makanan siap saji, makanan anak, pembalut wanita, sandang dewasa, sandang bayi dan kidware dengan total 1.284 paket. Selain itu juga mendapatkan 75 lembar matras dan 75 lembar kasur.

Pidie Jaya mendapat bantuan serupa sebanyak 1.384 paket dan 75 lembar matras dan 75 lembar kasur. Begitu juga dengan Bireuen sebanyak 1.434 paket serta 75 lembar kasur dan 75 lembar matras.

Sebelumnya, terjadi banjir di sejumlah kabupaten di  Provinsi Aceh, yakni di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Utara dan Bireuen.