Pemprov Jawa Timur Gelar Misi Dagang dan Investasi ke Kalimantan Tengah

(Beritadaerah – Palangka Raya) Pemerintah Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan misi dagang dan investasi ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Turut hadir bersama dengan Gubernur Jawa Timur yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng, Ona Aster Bunawati, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jatim Iwan, Kanrek OJK Regional IX Kalimantan Tengah Otto Fitriandy, para BUMD Jatim dan Kalteng serta para organisasi pengusaha.

Misi Dagang dan Investasi yang diikuti oleh 153 peserta antar kedua provinsi strategis tersebut menghasilkan sebanyak 40 transaksi dengan total nilai Rp 293.589.000.000 atau Rp 293,59 miliar.

Gubernur Khofifah mengatakan pelaksanaan kegiatan misi dagang Provinsi Jawa Timur merupakan upaya mempertemukan para pelaku usaha dari Jawa Timur dan provinsi mitra dalam menyebarluaskan potensi produk industri, perdagangan, perikanan, agribisnis dan peluang investasi lainnya secara terintegrasi.

“Melalui pertemuan yang sangat produktif ini, saya harap kerjasama kedua provinsi akan terbangun dengan lebih produktif dan lebih produktif lagi karena tadi antar OPD dan institusi pelaku usaha di masing-masing provinsi sudah melakukan MoU,” kata Gubernur Khofifah yang dikutip laman Kominfo Jatim, Rabu (14/12).

Ditambahkan oleh Gubernur Khofifah, sampai hari ini, sampai  pukul 16.45, misi dagang Jatim РKalimantan Tengah mencatatkan transaksi mencapai angka Rp 293.589.000.000 atau Rp 293,59 miliar. Angka ini berhasil dicapai dari 40 transaksi dengan komoditi antara lain daging beku, rokok, beras, damar dan pakan ikan.

Menurut Gubernur Khofifah, misi dagang antara Jawa Timur dengan Kalimantan Tengah memiliki potensi yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan transaksi perdagangan dari kedua provinsi di tahun 2021 mengalami surplus. Perdagangan Jatim dengan Kalteng di tahun 2021 sebesar Rp 5,53 trilliun dengan nilai penjualan Rp 4,47 trilliun dan nilai pembelian senilai Rp 1,06 trilliun.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Tentang Pembangunan Daerah yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur Prov. Kalimantan Tengah.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah perjanjian kerja sama (PKS) antara Ka. OPD Prov. Jatim dengan Ka. OPD Prov. Kalteng yang disaksikan oleh Gubernur Khofifah dan Wagub Kalteng Edy Pratowo.

Selain itu, Gubernur Khofifah turut menyaksikan penandatanganan komitmen transaksi perdagangan antara pelaku usaha pelaku usaha yang ada di Jatim dan Kalteng. Selanjutnya rombongan mengunjungi display booth pelaku usaha yang iku serta dalam misi dagang kali ini.

Di akhir, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih atas sambutan dan kerjasama yang baik dari Pemprov Kalimantan Selatan. Semoga kerjasama selanjutnya dapat terus kita tingkatkan lebih baik lagi.