Sentra Batik Motif Keraton Halus di Kampung Batik Giriloyo, Yogyakarta

(Beritadaerah – Imogiri) Dearah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa kampung desa wisata yang unik dan terkenal, salah satunya yakni Kampung Batik Giriloyo.

Kampung Batik Giriloyo yang juga dikenal sebagai Sentra Batik Tulis berlokasi di Jalan Imogiri Timur km 14, Yogjakarta. Jika dari Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu, jaraknya sekitar 17-18 kilometer dengan waktu berkendara dengan kendaraan bermotor sekitar 32 menit.

Sentra batik tulis ini telah menjadi destinasi wisata budaya. Sentra batik ini terkenal dengan motif keratonnya yang halus. Kampung batik ini dihuni hampir 600 pengrajin batik tulis yang tersebar di tiga dusun. 

Wisatawan yang berkunjung dapat melihat koleksi batik tulis yang ada didalam galeri dan ikut belajar membatik di sentra batik tulis. galeri batik yang menjual berbagai motif dan ukuran batik tulis seperti syal, kain, hingga baju dengan harga mulai dari Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah. Kampung Batik Giriloyo dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Foto: Rimba/Kontributor BD