Transformasi mental tidak lepas dari revolusi mental

Transformasi Kesehatan Tidak Lepas dari Revolusi Mental

(Beritadaerah-Nasional) Transformasi bidang kesehatan yang tengah dan akan dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merupakan bagian tak terpisahkan dari Revolusi Mental, demikian disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy

“Bangga Produk Inovasi dan Teknologi Dalam Negeri untuk Mendukung Transformasi Sistem Kesehatan”, menjadi tema pada kegiatan Pameran Pembangunan Kesehatan 2022 dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-58. di ICE BSD Tangerang Selatan.

Menko Muhadjir mengatakan langkah-langkah transformasi kesehatan yang dilakukan pak Menkes adalah wujud dari Revolusi Mental yang telah digaungkan Presiden untuk terus berkembang bertransformasi menuju arah yang lebih baik

Terdapat tiga nilai-nilai dasar untuk revolusi mental, yaitu Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Royong. Dalam upaya transformasi kesehatan yang tengah diupayakan Kemenkes juga perlu ditanamkan nilai-nilai revolusi mental tersebut.

Diharapkan oleh Menko Muhadjir tiga karakter dasar itu dimiliki oleh semua stakeholder kesehatan untuk mendukung program transformasi kesehatan. Ada lima program aksi sebagai turunan dari tiga nilai dasar Revolusi Mental.

Tiga karakter dasar itu bisa diterapkan dalam upaya transformasi kesehatan antara lain Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Bersatu.

Gerakan Indonesia Bersih, dengan perilaku bersih lahir dan batin bisa membawa Indonesia menjadi negara yang maju. Gerakan Indonesia Melayani, pelaku di bidang kesehatan seperti tenaga kesehatan dan industri kesehatan wajib memberikan pelayanan untuk kepentingan umum dan kepentingan rakyat banyak.

Gerakan Indonesia tertib, tertib dan teratur dalam melaksanakan berbagai upaya untuk transformasi kesehatan. Gerakan Indonesia Mandiri, mandiri dalam hal produksi obat-obatan dan alat kesehatan untuk menjadi negara maju berdikari.

Gerakan Indonesia Bersatu, prasyarat revolusi mental untuk memperkuat persatuan dan mencapai cita-cita menjadi negara maju.

Diharapkan oleh Menko Muhadjir dalam upaya transformasi bidang kesehatan yang dilakukan Kemenkes bisa selalu menerapkan nilai-nilai revolusi mental dan juga program aksi turunan dari nilai-nilai revolusi mental

Sebagai bagian dari transformasi yang telah dicanangkan oleh Bapak Menteri Kesehatan itu betul-betul didasari oleh landasan-landasan nilai Pancasila yang dirumuskan ke dalam tiga nilai utama tadi, yaitu integritas yang tinggi, kerja keras dengan etos kerja yang tinggi, dan yang tidak kalah penting semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia