PLN Kebut Persiapan Infrastruktur Ketenagalistrikan KTT G20
(Photo: Kemen BUMN)

PLN Kebut Persiapan Infrastruktur Ketenagalistrikan KTT G20

(Beritadaerah-Badung) PT PLN (Persero) terus memastikan keandalan pasokan listrik guna menyukseskan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15 November 2022. Saat ini persiapan infrastruktur pengamanan kelistrikan untuk KTT G20 telah mencapai 88,6 persen.

Wakil Ketua Project Management Officer (PMO) G20 Kementerian BUMN, Wendo Asrul Rose menyatakan harapannya agar segala persiapan keandalan pasokan, penyediaan SPKLU, _showcase_ EBT, dan program beautifikasi untuk kegiatan KTT G20 terus dimonitor dan dipantau agar tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

PLN akan terus mengintensifkan pelaksanaan _check point_ kesiapan dan memotret kendala–kendala pelaksanaan di lapangan untuk sesegera mungkin mengkomunikasikan dengan _stakeholder_ terkait.

Wendo juga sampaikan apresiasi kepada direksi dan segenap tim PLN yang telah melakukan persiapan dengan baik dalam upaya menyukseskan perhelatan KTT G20.

Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Haryanto WS mengatakan untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT G20, PLN mendapat tugas menjaga keandalan listrik sekaligus menyiapkan infrastruktur kendaraan listrik yang digunakan para delegasi dan panitia selama gelaran KTT G20.

Khusus di Bali, PLN telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan keamanan pasokan listrik dan memastikan seluruh kendaraan delegasi bisa melakukan pengisian baterai dengan nyaman, selama berlangsungnya kegiatan KTT G20, Haryanto tambahkan.

Ia menjelaskan, PLN pun telah dan sedang melakukan upaya-upaya peningkatan keandalan dari sisi hulu sampai hilir melalui berbagai pengadaan peralatan _back up supply_ dan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Haryanto berharap di sisa waktu ini PLN secara terus meningkatkan kompetensi petugas sehingga dapat menjalankan tugas dengan optimal.
Kepada seluruh personel yang dipercayakan mengemban tugas penting ini, laksanakan tugas dengan mematuhi SOP, mengutamakan aspek K3, tetap pertahankan semangat dan patuhi protokol kesehatan, sehingga kita semua dapat turut menyukseskan acara sebagai bentuk pengabdian kepada negara dan masyarakat.

Executive Vice President Distribusi Regional Jawa Madura Bali, Ida Bagus Ari Wardana menjelaskan, PLN secara berkala melaksanakan koordinasi internal maupun eksternal untuk memastikan persiapan terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Ari juga menyampaikan perkembangan masing–masing kelompok bidang sudah ada yang memasuki tahapan akhir. Sebut saja bidang Operasi Sistem yang persiapannya telah dimulai sejak Januari 2022 lalu kini perkembangan pekerjaannya telah mencapai 98 persen, kesiapan pembangkitan dan energi primer yang terbagi dalam 10 _action programs_ telah terselesaikan hingga 71,6 persen dan diharapkan rampung September 2022, sedangkan di bidang transmisi dan distribusi hingga Agustus 2022, penyelesaiannya masing–masing mencapai 90 persen dan 83 persen.

Sejauh ini, PLN telah melakukan program beautifikasi yakni penataan infrastruktur kelistrikan yang dilakukan di 3 lokasi, yakni di Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang telah selesai 100 persen, jalur Siligita – Kempinski yang telah terselesaikan 83 persen, dan sisi barat Kawasan Waduk Muara yang pencapaian sebesar 70 persen.

Skema KPBU Menjadi Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur