Dinas Pertanian & Perkebunan Jateng Serahkan Bantuan Alsintan, Guna Dorong Produktivitas

(Beritadaerah – Temanggung) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan menyerahkan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa sepeda motor roda tiga, pada kelompok petani di Kabupaten Temanggung.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Esti Dwi Utami mengatakan, alsintan yang disalurkan berupa delapan unit sepeda motor roda tiga. Penerimaan bantuan dilakukan di halaman Kantor DKPPP langsung kepada kelompok tani.

“Bantuan alsintan ini berupa bantuan hibah dari Provinsi Jateng, harapannya bisa dimanfaatkan secara optimal,” kata Esti Dwi Utami, Kamis (7/7/2022).

Disampaikan, bantuan alsintan ditujukan untuk optimalisasi mekanisasi pertanian, melalui usaha pelayanan jasa alat mesin pertanian di Kabupaten Temanggung. Bantuan senilai ratusan juta rupiah tersebut diharapkan mampu mendukung usaha produktif di bidang jasa, yang dikelola kelompok tani.

Esti menerangkan, selama ini kelompok tani telah mendapat berbagai bantuan alsintan dari pemerintah, mulai alat semprot, mesin bajak hingga kendaraan pengangkut. Alsintan itu diharapkan dari penggunaanya oleh kelompok tani juga dibisniskan, seperti disewakan, sehingga ada pemasukan dana.

“Dana itu setidaknya untuk biaya perawatan dan kemungkinan menambah alsintan yang sudah ada,” katanya.

Ditambahkan, DKPPP selain menyerahkan bantuan pada kelompok tani, juga memberikan pelatihan manajemen bisnis di bidang jasa bagi kelompok tani. Maksudnya agar pengelolaan jelas dan menghasilkan. Ia berharap, jangan sampai alat tersebut menganggur atau tidak difungsikan, karena akan cenderung lekas rusak. Setelah kelompok tani menggunakan, bisa disewakan.

“Sebagai contoh alat bajak tanah, kemungkinan digunakan hanya beberapa waktu sudah selesai untuk membajak lahan seluruh anggota. Dari pada alat menganggur, bisa disewakan dengan tarif dan pengelolaan keuangan yang jelas, sehingga menghasilkan,” imbuhnya.

Esti berharap kelompok tani bisa berkembang dengan memanfaatkan alsintan yang ada, untuk berbisnis dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.