(Beritadaerah-Jakarta) Skytrax, lembaga independen di bidang aviasi yang berbasis di Inggris, mengumumkan bahwa Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II berada di posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staff di ajang Skytrax World Airport Award 2022. Ajang Skytrax World Airport Award 2022 sendiri berlangsung di Paris, Prancis, pada 16 Juni 2022.

Apabila dibandingkan dengan pencapaian Bandara Soekarno-Hatta pada daftar Best Airport Staff in Asia 2021 maka posisinya meningkat ke-9 pada tahun 2022, dimana tahun lalu berada di posisi ke-10. Dalam daftar Best Airport Staff in Asia 2022, hanya terdapat dua bandara di ASEAN yang masuk yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi.

President Director AP II Muhammad Awaluddin sampaikan bahwa hal ini menunjukkan bahwa kualitas staf di suatu bandara dinilai sangat baik dari sikap melayani, keramahan melayani dan efisien dalam melayani. Sekalipun ada di tengah tantangan hebat pandemi COVID-19 pada 2021, seluruh staf di Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang pesawat. AP II bangga dan berterima kasih kepada seluruh frontliner yang bekerja tanpa lelah dan tanpa pamrih untuk memberikan yang terbaik bagi Bandara Soekarno-Hatta dan bagi masyarakat.

Muhammad Awaluddin sampaikan bahwa penghargaan Best Airport Staff in Asia ini menilai kualitas dari seluruh staf frontliner di bandara, yaitu staf customer service atau info counters, staf imigrasi, staf keamanan atau aviation security, staf tenant komersial, dan staf lainnya yang langsung melayani pelanggan.

Staf operasional dan pelayanan AP II di Bandara Soekarno-Hatta terdiri antara lain dari staf passenger service, terminal inspection service, land transportation assistance, digital service, facility care, airport helper, golf car assistance dan aviation security.

Selain itu terdapat juga staf dari maskapai yang bertugas di check in counter, boarding lounge, arrival gate/hall, lalu juga staf imigrasi, Bea dan Cukai, Karantina, lalu personel TNI/Polri, dan stakeholder lainnya. Staf di Bandara Soekarno-Hatta melayani masyarakat antara lain di Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3, Stasiun Kereta Bandara, dan shelter Kalayang atau Skytrain di masing-masing terminal serta di stasiun.

Sebelum pandemi COVID-19, staf Bandara Soekarno-Hatta melayani sekitar 60 – 70 juta pergerakan penumpang setiap tahunnya, di mana jumlah pergerakan penumpang ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.