(Beritadaerah – Jakarta) Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama pihak terkait telah melakukan evaluasi terkait dengan musim mudik Lebaran 2022, telah berlalu lebih dari satu bulan.

Hasil evaluasi akhir yang dilakukan pemerintah menunjukan pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran 2022 berjalan lebih baik dari sebelumnya. Hal itu berkat kolaborasi apik antar pihak terkait antara lain Kementerian PUPR, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri). Mereka bahu membahu, dalam melaksanakan kebijakan/arahan pengaturan lalu lintas selama angkutan Lebaran 2022.

Saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (20/6), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyampaikan secara umum kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Lebaran 2022 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini didukung dengan telah beroperasinya Jalan Nasional sepanjang 47.017 km dan Jalan Tol sepanjang 2.500 km.

“Hasil evaluasi kami bersama dengan Kementerian Perhubungan, untuk menghadapi hari-hari besar nasional perlu disiapkan tambahan kantong-kantong parkir di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) jalan tol, sehingga mungkin perlu pembebasan lahan,” kata Menteri Basuki yang dikutip laman PU, Selasa (21/6).

Selain di TIP jalan tol, Menteri Basuki juga menyebutkan perlunya ada penambahan kantong-kantong parkir di sekitar Pelabuhan Merak. Upaya ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan. Itu merupakan hasil evaluasi saat melakukan kunjungan bersama ke Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Kami sudah bertemu dengan Gubernur Banten dan beliau sudah siapkan lahan sekitar 5 ha untuk kantong parkir.

Dilaporkan Menteri Basuki, untuk Peningkatan layanan TIP/rest area jalan tol, pada mudik Lebaran 2022 dioperasikan sebanyak 133 TIP yaitu 77 TIP A, 40 TIP B dan 16 TIP C sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Di setiap TIP dilakukan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus COVID-19 dengan menyiapkan alat pengukur suhu, hand sanitizer, penyediaan fasilitas scan QR Code Aplikasi Peduli Lindungi, serta fasilitas kesehatan dengan menyediakan layanan vaksin dosis 2/booster dan tes antigen.

Sedangkan untuk kegiatan pembangunan di jalan tol, Menteri Basuki menyebutkan antara lain tekah dilakukan duplikasi Jembatan Ciujung KM 57 Jalan Tol Tangerang – Merak yang selesai 16 April 2022, dan pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50) untuk menambah kapasitas jalan saat arus balik khususnya kendaraan kecil yang selesai 23 April 2022.

Selain itu juga telah dilakukan pemeliharaan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Tol Pematang Panggang – Kayu Agung, dan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.