(Beritadaerah – Jepara) Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Jepara melakukan kegiatan bersih pantai di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Jumat (10/6).

Dengan memakai kaos tangan, Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta memunguti sampah plastik yang berserakan di sepajang Pantai Teluk Awur. Edy, juga mengajak pengunjung untuk ikut bergabung melakukan kerja bakti membersihkan pesisir pantai.

“Kita sudah melakukan bersih kota. Sekarang, saatnya untuk melakukan bersih pantai di objek wisata. Kalau pantainya bersih, enak dilihat. Pengunjung akan semakin betah berwisata ke Jepara,” ungkap Edy.

Disampaikan, Pantai Teluk Awur dipilih sebagai tempat aksi, karena daerah tersebut merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Kita berharap, kegiatan memungut sampah ini ditiru oleh masyarakat lainnya,” terangnya.

Edy berharap, melalui momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya, seluruh masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

“Saatnya bertindak ramah terhadap lingkungan, agar Jepara bebas sampah,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Farikhah Elida mengatakan, sebanyak 26 orang petugas atau tim coastal clean up (CCU) yang ditempatkan di delapan titik wisata pantai. Mereka bertugas untuk menjaga kebersihan pantai. Namun demikian, masyarakat harus ikut menjaganya.

“Tidak hanya saat menjelang penilaian Adipura, Jepara harus tetap bersih seterusnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan dua unit kendaran roda tiga angkut sampah, kepada Desa Jambu dan Desa Suwawal, Mlonggo. Kemudian, becak sampah kepada Desa Tanjung, Pakis Aji, timbangan duduk digital kepada Desa Watuaji, Keling, pemotong rumput kepada Desa Senenan, Tahunan, juga tong sampah untuk Kelurahan Potroyudan dan Desa Tegalsambi, Tahunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.