(Beritadaerah – Bali) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan “Vespa World Days (VWD) 2022” yang tidak hanya dihadiri ribuan penggemar Vespa dari dalam dan luar negeri tapi juga menjadi atraksi menarik bagi wisatawan dan masyarakat di Bali.

“Saya sangat antusias dan mengapresiasi acara ini yang terbukti memecahkan rekor (kehadiran) peserta dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air. Ini mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara “Vespa World Day 2022”, Minggu (12/6/2022).

“Vespa World Days 2022” berlangsung mulai 9 hingga 12 Juni 2022 dan dipusatkan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Selama empat hari itu pula banyak Vespitis dengan menggunakan berbagai tipe Vespa berkeliling Bali yang menarik perhatian masyarakat serta wisatawan di Bali.

Para peserta sebelumnya juga melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, salah satu desa terbersih di dunia dan desa yang telah dianugerahi penghargaan desa wisata berkelanjutan UNWTO. Selain melakukan konvoi ke Desa Wisata Penglipuran, peserta sebelumnya juga konvoi ke berbagai daya tarik wisata yang ada di Bali juga luar Bali seperti Lombok, NTB.

Rekor yang dicatat dari ajang tersebut adalah rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURDI) dimana VWD Bali sebagai rekor Asia karena untuk pertama kalinya Vespa World Day digelar di luar Eropa. Selain itu VWD 2022 juga masuk nominasi rekor dunia sebagai acara VWD dengan peserta terbanyak. Diketahui VWD Bali peserta yang terdaftar sebanyak 8.985 peserta padahal Vespa World Days biasanya dihadiri sekitar 6 ribuan orang.

“Acara internasional seperti ini akan mendorong promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia seiring dengan upaya kita bersama pulih dari dampak pandemi COVID-19,” kata Sandiaga.

Managing Director/County CEO PT. Piaggio Indonesia, Marco Noto Ladiega menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Kemenparekaf/Baparekraf dalam penyelenggaraan “Vespa World Days 2022”. Event ini dikatakannya bukan semata-mata untuk komunitas Vespa tapi untuk Indonesia.

“Event ini tidak hanya untuk brand kami, tapi untuk Indonesia. Penting bagi kita untuk mendukung Indonesia setelah periode yang berat (pandemi COVID-29) khususnya di Bali. Ini menjadi tanda untuk pertumbuhan pariwisata di Indonesia,” kata Marco.

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.