(Beritadaerah – Singkawang) Sejumlah siswa melakukan permainan engrang pada peluncuran Gerakan Satu Sekolah Satu Kearifan Lokal (GS3KL) yang diselenggarakan di SMP Negeri 8 Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (12/5). Permainan egrang merupakan salah satu permainan tradisional khas Indonesia yang juga digolongkan sebagai bagian dari olahraga tradisional.

Meskipun permainan egrang termasuk olahraga tradisional, namun egrang tersebut masih belum bisa diperlombakan sebagai salah satu cabang olahrga dalam skala nasional. Penamaan egrang sendiri berasal dari bahasa Lampung yang berarti terompah pancung yang dibuat dengan bahan bambu bulat yang panjang. Di Provinsi Sumatra Barat, egrang disebut dengan tengkak-tengkak. Permainan ini mulai langka dilakukan oleh anak-anak, khususnya yang tinggal di kota besar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu
Foto: Pemkot Singkawang

 

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts