(Beritadaerah-Bali) Melandainya kasus aktif Covid-19 di Indonesia dan meningkatnya capaian vaksinasi booster bagi masyarakat Bali memiliki dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Bali. Hal itu juga berdampak terhadap meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan pada destinasi wisata di Bali. Meningkatnya kunjungan wisatawan juga secara signifikan berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan produk UMKM di kawasan wisata.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika memberikan keterangan pers usai meninjau Kawasan UMKM di Pantai Jerman, Badung, Bali, Selasa (10/05/2022) bahwa dia berkunjung ke Pantai untuk melihat UMKM dan dia melihat bahwa kegiatan ekonomi masyarakat di Bali khususnya di Kuta ini sudah mulai tumbuh kembali.

Wapres menilai capaian vaksinasi booster di Bali yang sudah menyentuh angka 68% menjadikan Bali sudah aman untuk dikunjungi, Wapres pun optimis ekonomi Bali akan pulih kembali. Dia sampaikan bahwa wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal dalam negeri tidak perlu khawatir untuk datang ke Bali.

Wapres juga menghimbau untuk kembali melakukan promosi destinasi pariwisata Bali, baik di dalam negeri maupun luar negeri agar meningkatkan kembali jumlah wisatawan yang datang ke Bali, tentunya untuk memulihkan ekonomi masyarakat Bali yang sebagian besar bergantung dari sektor pariwisata. Diharapkan dalam waktu tidak lama, pariwisata Bali kembali normal seperti sebelum Covid-19 sehingga ekonomi masyarakatnya terus bergeliat.

Pembina Unit Usaha Pantai Jerman Ni Luh Gede Sri Mediastuti melaporkan kepada Wapres bahwa wisata di sekitaran Pantai Jerman sudah mulai pulih kembali, namun menurutnya kondisi ini masih belum meningkat sepenuhnya, sehingga Ia berharap pemerintah dapat mendorong agar pariwisata di Bali dapat bangkit kembali.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts