(Beritadaerah-Kolom) Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada dalam zona positif pada triwulan I-2022. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, perekonomian pada tiga bulan pertama tahun ini tumbuh 5,01% secara tahunan (yoy). Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia atas dasar harga berlaku (ADHB) sebesar Rp 4.513 triliun. Adapun PDB berdasarkan harga konstan (ADHK) tercatat Rp 2.808,6 triliun.

Pemerintah melalui Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I tahun 2022 lebih tinggi dibandingkan dengan China yang 4,8 persen, Singapura 3,4 persen, Korea Selatan 3,07 persen, Amerika Serikat 4,29 persen, hingga Jerman 4 persen.

Kementerian Kesehatan RI meluncurkan platform Indonesia Health Services (IHS). Platform tersebut akan mulai diujicobakan tahun ini bagi pelaku di bidang kesehatan, mulai dari fasilitas layanan kesehatan hingga pelaku industri di bidang kesehatan. Pemerintah mengadopsi model infrastruktur Platform-as-a-service (PAAS) yang menghubungkan seluruh ekosistem pelaku industri kesehatan untuk menciptakan satu data kesehatan nasional yang dapat diandalkan.

Wakil Presiden meminta anggaran pendidikan dan riset di Indonesia ditambah. Peringkat Indonesia dalam ranking Inovasi Global turun, berada di urutan ke-14 di Asia Timur dan Tenggara, serta ke-87 di dunia pada 2021. Di Indonesia, pengeluaran anggaran riset dan pengembangan saat ini belum mencapai 1 % dari PDB atau jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Korea Selatan sekitar 4,1 % dari PDB.

Perkembangan UMKM

Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM sebesar Rp 600 ribu ini telah dipastikan akan berlanjut pada 2022. BLT UMKM ini direncanakan akan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh wilayah Indonesia.Belanja produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM dan koperasi sampai dengan 26 April 2022 baru mencapai Rp96,2 triliun, dari Rencana Umum Pengadaan Tagging Produk Dalam Negeri sebesar Rp493,3 triliun. Untuk mempercepat aksi afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN), pemerintah menggelar Pameran dan Temu Bisnis Tahap II pada 11 -26 April 2022 di Jakarta. Antara penyedia dan 10 K/L dan 10 Pemda dengan Rencana Umum Pengadaan Produk Dalam Negeri terbesar menghasilkan potensi Rp1,55 triliun. Kementerian Perdagangan akan memantau pasar online atau e-commerce yang tidak memberikan ruang bagi produk-produk nasional untuk masuk dan dijajakan secara digital. Pengawasan tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin memberikan dukungan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ruang terhadap produk Indonesia.

Volume dan Nilai Ekspor CPO Indonesia

Pemerintah secara resmi melarang sementara ekspor bahan baku dan produk minyak goreng ke luar negeri melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 Tahun 2022. Larangan sementara berlaku untuk seluruh daerah pabean Indonesia dan kawasan perdagangan bebas dan Pelabuhan bebas seperti Batam, Bintan, Karimun dan Sabang. Dasar pelarangan ekspor adalah untuk memenuhi kebutuhan bahan baku minyak goreng dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Pemerintah berjanji akan segera mencabut larangan ekspor ketika kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Kebijakan ini akan dievaluasi setiap bulan melalui rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi dan penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian.

Dampak pelarangan ekspor minyak sawit atau CPO diperkirakan mempengaruhi kontrak keagenan kapal-kapal asing yang melayani ekspor. Sementara, Indonesian National Shipowners Association menilai kebijakan larangan ekspor sawit tidak berpengaruh terhadap industri pelayaran nasional, dikarenakan sebagian besar angkutan CPO dilakukan oleh pelayaran internasional. Ekspor menggunakan kapal nasional dibatasi pada ukuran kapal 10.000 dwt sesuai dengan Permendag.

Realisasi Investasi Indonesia

Realisasi investasi pada triwulan I 2022 tumbuh sebesar 28,5% atau mencapai Rp282,4 triliun. Target Investasi pada 2022 ini adalah Rp1.200 triliun, sehingga pencapaian sebesar 23% dari target. Jumlah investasi asing (PMA) yang terhimpun sebesar 52,1% sedangkan investasi dalam negeri (PMDN) sebesar 47,9%. Berdasarkan sektornya, Investasi terbesar didominasi oleh industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan sebagainya yaitu sebesar Rp39,7 triliun atau 14% dari total investasi. Sumber investasi asing (PMA) terbesar berasal dari Singapura sebesar USD3,6 miliar atau 34,8% dari total PMA. Realisasi investasi triwulan I dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 319.013 tenaga kerja.

Rombongan Indonesia yang dipimpin Menko Marinves bertemu dengan CEO Tesla, Elon Musk di Gigafactory Tesla di Austin, Taxas, AS. Pertemuan ini untuk meyakinkan Tesla agar dapat menjajaki kerja sama dengan Indonesia perihal penyediaan dan pemprosesan Nikel sebagai bahan baku membuat Battery Cell yang berlandaskan ESG (Environment, Social dan Governance) yang baik dan berkelanjutan. Luhut berbicara untuk investasi baterai kendaraan listrik di Indonesia di dua tempat dan investasi di green industrial park di Kalimantan.

Ketahanan Pangan, Pertanian, Energi, Ekonomi Maritim

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan aturan resmi larangan ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan bahan baku minyak goreng, serta minyak goreng. Kebijakan ini berlaku mulai Kamis 28 April 2022. Aturan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 22 tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized palm olein dan Used Cooking Oil.

Pemerintah sedang mematangkan rencana menaikan harga BBM dan LPG 3 kilogram subsidi. Hal ini akibat membengkaknya belanja subsidi pada APBN kuartal I tahun ini. Beban subsidi dan kompensasi untuk BBM sudah mencapai sekitar Rp280 triliun atau naik dua kali lipat dari perencanaan awal pada APBN 2022 di posisi sekitar Rp140 triliun. Indonesia Crude Price (ICP) per Maret 2022 sudah mencapai US$98,4 per barel atau 56,1% lebih tinggi dari asumsi APBN 2022 yang ada di angka USD63 per barel.

Pembudi daya lobster di Telong Elong, Kabupaten Lombok Timur mengalami kesulitan benih untuk meningkatkan produksi lobster. Kendala ini disebabkan siklus migrasi musiman, benih-benih lobster di NTB ini tidak hanya di perairan Lombok saja, benih ini juga bermigrasi ke perairan lain seperti ke Teluk Cempi dan Waworada. Karena itu, KKP diharapkan membuat kalender siklus migrasi, sehingga pembudi daya lobster mengetahui siklus tersebut.

Program PC PEN dilanjutkan pada tahun 2022

Program PC-PEN sebesar Rp455,62T untuk mendukung penanganan pandemi dan perlindungan kepada masyarakat terdampak, serta pemulihan perekonomian utamanya untuk mendukung penciptaan lapangan kerja, yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, untuk dipantau secara intentif untuk dikomunikasikan kepada masyarakat.

Penanganan Kesehatan – Fokus: Lanjutan penanganan Covid dan percepatan/ perluasan vaksinasi Rp 122,54 triliun. Perlindungan Masyarakat – Fokus: menjaga daya beli masyarakat miskin dan rentan, serta penanganan kemiskinan ekstrem Rp 154,76 triliun. Penguatan Pemulihan Ekonomi – Fokus: Penciptaan Lapangan Kerja serta Peningkatan Produktivitas Rp 178, 32 triliun.

Angka bersifat dinamis, kombinasi dari tagging atas program eksisting pada KL, TKDD, dan Pembiayaan. Realisasi sd 25 Maret Rp22,6 triliun (5% dari alokasi) terdiri dari; a. Kesehatan Rp 0,8 triliun (fasilitas kepabeanan vaksin dan alkes) b. Perlinmas Rp21,2 triliun (PKH, sembako, BLT Desa, dan kartu pra kerja) c. Penguatan Pemulihan Ekonom1 Rp 0,6 triliun (pariwisata dan pangan KL, dan insentif perpajakan).‡†ƒ‰ƒ‰ƒ ƒƒ ™‹Ž