(Beritadaerah – Temanggung) Sebanyak 130 Kelompok Tani menerima bantuan pupuk untuk tembakau, dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Temanggung. Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis di Balai Desa Bulu, Kecamatan Bulu dan Balai Desa Ngaren, Kecamatan Ngadirejo, Rabu (11/5).

Kepala DKPPP Temanggung Joko Budi Nuryanto mengatakan, bantuan sarana produksi berupa pupuk tanaman tembakau sejumlah 193.050 kilogram, disalurkan kepada 130 kelompok tani dan bertujuan untuk peningkatan produksi dan kualitas.

“Dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tembakau sebagai bahan baku utama IHT (Industri Hasil Tembakau), melalui penyediaan sarana produksi dalam penerapan budi daya tembakau yang baik,” ujarnya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam sambutannya meminta bantuan pupuk Fertila yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban petani, agar perekonomian pertembakauan lebih baik lagi.

Ia berharap, pada panen tahun ini, petani untung, pedagang untung dan pabrik juga untung.

“Untuk tahun ini, bersama-sama kita berikhtiar. Setiap tahun pemerintah selalu mengajak perwakilan petani ke pabrikan Gudang Garam dan Djarum. Saya minta, sampaikan kepada kelompok tani untuk menjaga kualitas, supaya pabrikan memberikan harga lebih tinggi kepada petani tembakau,” tambahnya.

Bantuan pupuk ini merupakan bantuan stimulan kepada para petani tembakau. Diharapkan di masa mendatang, para petani dapat mengupayakan sarana produksi secara swadaya.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus