(Beritadaerah-Nasional)   G20 Sustainable Finance Private Sector Roundtable diselenggarakan Sustainable Finance Working Group (SFWG) G20  pada hari Rabu-Kamis, 27-28 April 2022. Forum ini bertujuan untuk saling bertukar pikiran dan berbagi pengetahuan antara sektor swasta dengan anggota SFWG, serta mendiskusikan jalan untuk memperkuat sinergi sektor publik dan swasta dalam meningkatkan keuangan berkelanjutan untuk memenuhi tujuan Agenda 2030 dan Perjanjian Paris.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional yang juga merupakan Indonesia Finance Deputy Wempi Saputra menyoroti prioritas agenda keuangan berkelanjutan Presidensi G20 Indonesia dan peningkatan peran sektor swasta dalam pidato pembukanya di forum tersebut. Harapannya, agenda tersebut dapat membantu memobilisasi keuangan berkelanjutan yang terjangkau, mengingat keterbatasan kapasitas fiskal negara-negara dalam krisis global yang saat ini sedang berlangsung.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari tersebut memberikan kesempatan bagi sektor swasta untuk berkontribusi dalam membentuk agenda keuangan berkelanjutan G20, dan memastikan bahwa hasil SFWG tahun ini dapat memfasilitasi percepatan pertumbuhan dan pengembangan pasar serta mobilisasi arus modal swasta.

Beberapa topik yang dibahas pada hari pertama meliputi cara-cara bagi sektor publik untuk mendukung investasi swasta untuk transisi, dan langkah-langkah untuk mengurangi potensi dampak ekonomi dan sosial yang merugikan. Sementara itu, pada hari kedua, perwakilan dari sektor swasta dan publik berdiskusi tentang alat maupun kebijakan untuk meningkatkan akses Usaha Kecil Menengah (UKM) ke instrumen keuangan berkelanjutan, peran keuangan digital, dan mekanisme sektor publik di negara berkembang untuk meningkatkan akses ke pasar keuangan berkelanjutan.

Sepanjang pertemuan dua hari, perwakilan sektor swasta menyoroti beberapa bidang kerja potensial untuk membantu mempercepat peningkatan keuangan berkelanjutan, seperti interoperabilitas pendekatan penyelarasan, ketersediaan data dan kualitasnya, pengungkapan transparansi rencana transisi, dan peran sektor publik dalam memberikan insentif. Sejumlah perwakilan sektor swasta juga memberikan apresiasi pada SFWG G20 atas kemajuan yang dicapai hanya dalam waktu satu tahun sejak berdiri.

Hasil diskusi dalam G20 Sustainable Finance Private Sector Roundtable akan menjadi masukan dalam pengembangan deliverables SFWG G20 tahun ini, termasuk kerangka kerja tingkat tinggi untuk keuangan transisi atau high-level framework for transition finance, yang saat ini sedang dikembangkan. Pembahasan agenda keuangan berkelanjutan G20 akan dilanjutkan pada G20 Policy Levers Forum yang akan datang pada 13 Juni 2022 dan Pertemuan SFWG ke-3 pada 14-15 Juni 2022.