(Beritadaerah – Semarang) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek Stasiun Poncol di Semarang, Jawa Tengah, Senin (9/5), untuk melihat situasi dan suasana arus balik yang masih terjadi. Saat meninjau, Gubernur Ganjar menyampaikan bahwa pihak PT KAI dapat mengatur dengan baik pelaksanaan mudik penumpang kereta api di Stasiun Poncol. Untuk pelaksanaan mudik dan arus balik di Jawa Tengah dinilai berjalan lancar, bahkan sampai dengan hari ini, arus balik masih berlangsung.

“Kita cek di kereta api, bagus dan tertib, tidak penuh. Jadi artinya, semua bisa terangkut dengan baik. Hari ini arus baliknya masih terasa, ya lancarlah. Kita senang melihat kondisi yang ada ini,” kata Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Senin (9/5).

Gubernur Ganjar juga menyampaikan terima kasih pada jajaran kepolisian dan TNI, yang telah menjaga kelancaran dan keamanan. Sehingga masyarakat bisa nyaman melaksanakan mudik dan arus balik, bahkan teman-teman di kabupaten/ kota, ada ormas, semua ikut menjaga. Dari Dinas Kesehatan juga siap siaga, tempat pariwisata dijaga semua bisa berjalan lancar dan aman.

Ganjar tak menampik masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan mudik dan arus balik. Untuk itu, Ganjar mewakili seluruh pihak meminta maaf kepada masyarakat. Sampai dengan hari ini yang marah-marah tidah terlalu banyak. Bahwa ada beberapa masalah dan kasus, pasti tidak bisa dihindari. Mungkin itu karena kesalahan kita, bisa juga karena ketidakdisiplinan yang ada di situ. Maka tentu kita minta maaf.

Kepada masyarakat yang melaksanakan arus balik, Ganjar meminta agar tidak tergesa-gesa. Apalagi pemerintah juga memberikan kebijakan kelonggaran selama sepekan ke depan. Pemerintah mengizinkan  apalagi yang PNS boleh work from home. Maka satu minggu bisa diatur, terutama pelajar agar orang tua mengatur.

Ganjar juga mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas. Selain mencegah terkena COVID-19, masyarakat diminta mewaspadai hepatitis misterius yang sedang muncul. Saat meninjau di Stasiun Poncol, Gubernur Ganjar secara langsung menyampaikan terima kasih pada aparat kepolisian dan TNI yang telah berjaga selama 24 jam.

Sebelumnya pada 29 April 2022, Gubernur Ganjar juga telah melepas para pemudik yang mengikuti mudik gratis dimana program ini diselenggarakan Pemprov Jateng, bekerja sama dengan Bank Jawa Tengah. Program mudik gratis ini diperuntukan bagi warga Jateng yang berada dan merantau di Jadetabek. Selain program mudik gratis, Pemprov Jateng juga menggelar program balik gratis.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts