(Beritadaerah-Kolom) Libur Lebaran kali ini diwarnai dengan keramaian mudik yang memberikan dampak meningkatnya perekonomian di Indonesia, dan pantauan beritadaerah telah terjadi peningkatan wisatawan lokal di seluruh Indonesia.

Setelah melihat perkembangan terkini kasus Covid-19 di Indonesia, mudik diperbolehkan dengan pertimbangan, tingkat penularan harian Covid-19 menurun. Tingkat penularan harian Covid-19 berdasarkan data Satgas Covid-19 mengalami penurunan. Tingkat Vaksinasi sekarang telah tinggi, masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi, khususnya dosis 1 yang telah mencapai 95,48% dan dosis 2 sebesar 78,70%. Masyarakat telah lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M. Berdasarkan data Satgas Covid-19, dari 34 provinsi di 431 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, skor kepatuhan protokol kesehatan  terus mengalami peningkatan.

Selain itu, Survei Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi yang dilakukan oleh BPS menunjukkan 91% dari masyarakat Indonesia yang menerapkan protokol kesehatan didasarkan pada kesadaran diri. Relaksasi syarat perjalanan khususnya dalam negeri yang telah dilakukan sejak Februari 2022 tidak menyebabkan peningkatan angka kasus penularan Covid-19. Moda Transportasi yang akan digunakan pemudik? Kendaraan pribadi, baik mobil atau motor mendominasi dengan perkiraan hingga 40 juta orang dari total 79,4 juta orang yang diprediksi akan mudik. Disusul angkutan jalan (bus, mobil sewa, mobil travel, kapal penyeberangan, dan taksi online) mencapai 26,7 juta orang. Sisanya menggunakan pesawat, kereta api, kapal, dan angkutan lainnya.

Pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1443 H yang jatuh pada Jumat, 29 April 2022, sebanyak 105.016 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya), jumlah ini meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan. Angka tersebut memecahkan rekor sebelumnya, pada periode arus mudik Hari Raya Idulfitri 1441 H/2019 lalu, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu sebanyak 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.

Sejumlah calon penumpang duduk di area keberangkatan Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada H-1 lebaran, Minggu (1/5). PT Angkasa Pura II menyampaikan pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada pada satu hari menjelang (H-1) perayaan Idulfitri 1443 Hijriah lebih landai dibandingkan hari sebelumnya. Penerbangan pada H-1 di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 900 penerbangan dengan angka pergerakan penumpang mendekati 125.000 orang.

Volume lalu lintas pada tahun 2022 merupakan yang angka tertinggi dari Jasa Marga melayani pengguna jalan pada periode arus mudik sepanjang libur Hari Raya Idulfitri di Indonesia selama ini, demikian data yang tercatat oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Stasiun Yogyakarta terlihat dipadati oleh para penumpang kereta api pada libur Lebaran hari kedua (03/05/22). Terjadi peningkatan yang cukup tajam bagi penumpang kereta api di masa libur lebaran ini.

Beritadaerah melakukan pantauan ke beberapa lokasi wisata di berbagai tempat di Indonesia. Pantai Tanjung Pendam, Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu pantai indah dan terkenal di pusat Kota Belitung. Dalam liburan lebaran kali ini, pantai Tanjung Pendam juga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Perjalanan dari Bandara H. AS Tanjungpandan ke pantai ini membutuhkan waktu 25 menit dan berjarak 15,9 kilometer. Destinasi wisata ini dikelola oleh UPTD Taman Hiburan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Bali kembali menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan selama libur lebaran 2022. Terlihat salah satu pantai lokasi wisata di Bali pada hari Senin (05/02/22) dipadati pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di Bali. Terlihat banyak wisatawan yang memadati pulau Nusa Penida pada liburan Lebaran hari pertama. Padatnya wisatawan yang datang menyebabkan kemacetan terjadi di pulau Nusa Penida.

Suasana Yogyakarta pada Lebaran hari ke 2 tanggal 3 Mei 2022 sangat ramai,dengan pemudik yang datang dan para wisatawan dari luar kota seperti Jakarta, Bogor bahkan kota yang lain, baik dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Terlihat dari pusat kota dimulai dari Stasiun Kereta Yogyakarta, Malioboro yang padat dengan pengunjung.Bahkan informasi dari beberapa orang lokal dan driver online, khusus untuk obyek-obyek wisata padat, seperti daerah Kaliurang, parangtritis dan obyek-obyek wisata lain.

Suasana kota Bandung di Hari-2 Lebaran, semua tempat wisata sudah sangat ramai dengan para pengunjung lokal baik dari sekitar Jawa Barat bahkan dari berbagai luar kota, namun aktivitas bisnis di pusat niaga seperti Pasar Baru masih banyak toko yg tutup namun aktivitas pedagang kaki lima sudah banyak yang berjualan.

Keindahan pesona pantai Kelingking yang terletak di kawasan Nusa Penida sangat tersohor tidak hanya diantara turis domestik, tetapi juga turis mancanegara. Pantainya yang sangat cantik menjadi pesona tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Bali pada masa libur Lebaran tahun 2022.

Berkunjung ke Jawa Tengah rasanya tidak lengkap kalau belum berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada disana. Setiap kabupaten atau kota memiliki pesonanya tersendiri. Salah satunya di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Disini terdapat hamparan ladang indah nan sejuk yang akrab disebut dengan ‘Tol Kayangan’. Beritadaerah juga mengunjunginya, destinasi ini sangat menarik dan pastinya wajib untuk didatangi. Di sebelah kiri dan kanan akan disuguhi dengan indahnya hamparan ladang kentang dan pertanian lainnya bak lukisan indah dengan warna warni yang seirama. Apalagi kalau datang di pagi hari, bisa melihat awan ditengah-tengah perbukitan. Sangat indah bukan? Hamparan ini pasti bisa memanjakan mata, apalagi dengan udara yang segar dan sejuk. Wahhh… cocok sekali buat ah bisa menikmati fasilitas foto dengan background perbukitan yang indah. Selanjutnya, jika dari arah Jakarta dan baru pertama kali kesini, ada baiknya untuk keluar dari tol Kandeman lalu ke arah Karang Anyar, tepatnya melewati SMPN 1 Limpung. Meskipun letaknya ada di bukit dengan medan yang cukup berliku dan jalanan yang tidak terlalu lebar, tidak perlu kuatir. Terdapat ‘crew’ yang siap membantu untuk sampai ke bukit. Jalannya juga relatif mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Crew ini berasal dari warga dari desa setempat yaitu Desa Badas. Mereka biasanya menggunakan sepeda motor untuk mengawal sampai ke puncak perbukitan dan akan mengatur kendaraan agar tidak saling berpapasan disepanjang tanjakan yang akan lalui. Jadi, untuk menaklukkan 9 km sampai ke puncak bukitnya, perjalanan tetap aman sobat. Selanjutnya, para crew disini juga tidak mematok harga, bisa memberikan tips seikhlasnya.

Liburan lebaran tahun 2022 kali ini menjadi berkah untuk para pedagang kaki lima, pengusaha, juga kesenangan bagi masyarakat menikmati libur lebaran yang sudah dinanti selama dua tahun yang tertahan karena adanya pandemi. Presiden dalam twitternya menyampaikan perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar meski masih ada antrean seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

About The Author

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.

Related Posts