Peningkatan Kedatangan Penumpang Mulai Terjadi di Stasiun Tawang Semarang

(Beritadaerah – Semarang) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama jajarannya melakukan persiapan-persiapan terkait dengan arus mudik Lebaran 2022. Saat ini terjadi peningkatan penumpang sudah terjadi sejak dua hari lalu, hal ini disampaikan oleh laporan petugas di Stasiun Tawang, Semarang. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek situasi mudik di Stasiun Tawang, Rabu (27/4) siang dan menyapa sejumlah penumpang yang berada di ruang tunggu peron.

Setelah menyapa penumpang, Gubernur Ganjar sempat masuk ke peron dan melihat kondisi yang masih lengang. Tampak beberapa petugas mengenakan seragam berbeda. Ternyata, mereka merupakan petugas kontrak selama lebaran, untuk menjadi pelayanan penumpang.

Dikutip laman Jatengprov, Gubernur Ganjar mengatakan, H-5 Lebaran, kepadatan di Stasiun Tawang belum terlihat. Namun dari laporan petugas stasiun, sudah terjadi peningkatan dibanding hari biasa. Saat ini sudah mulai ada peningkatan, dan rasanya mungkin ya malam ini bertambah, besok bertambah, sampai dengan Minggu.

Menurutnya, pihak KAI telah siap untuk menerima kedatangan penumpang yang mudik. Hal lain yang perlu disiapkan adalah tempat transit penumpang yang menunggu untuk transportasi selanjutnya.

Petugas KAI Daop IV Semarang, Sujoko yang mendampingi Ganjar menjelaskan, peningkatan terjadi cukup signifikan. Jika hari biasa Stasiun Tawang menerima kedatangan 2.000-an orang penumpang, pada musim lebaran 2022 ini mencapai 3.000-an orang. Kemarin Selasa (26/4), ada 3.500 (orang). sedangkan hari ini 3.800 (orang), itu belum terhitung yang kereta api lokal. Penambahan kereta ada delapan dari Semarang Tawang. Prediksinya nanti hari Minggu sekitar 5.000-an (orang).

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu