(Beritadaerah-Nasional) Menjelang mudik minggu ini, pastikan anda dan keluarga dalam keadaan sehat, tetap menjaga kesehatan diri dan kebugaran fisik. Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, periksa kendaraan mulai dari mesin, oli, rem, kipas, AC, kaca, tekanan ban, hingga cadangan ban dan komponen lainnya.Jika menggunakan kendaraan umum, upayakan telah siap dengan tiket mudik. Akan lebih baik jika telah membeli tiket balik. Pastikan syarat-syarat mudik telah dipenuhi sesuai dengan status vaksinasi, seperti sertifikat vaksin, dan/atau hasil negatif, tes antigen 1×24 jam atau PCR 3×24 jam, dan aplikasi PeduliLindungi.

Pastikan keamanan rumah yang akan ditinggal mudik. Cabut kabel saluran listrik, matikan kompor, cabut selang dari tabung gas, serta aliran air. Persiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan mudik.Buat daftar barang bawaan untuk mepermudah memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Kemas barang dengan teliti, rapi, dan pastikan membawa barang-barang yang diperlukan saja agar praktis di perjalanan. Pemilihan ukuran tas atau koper sesuai kebutuhan juga hal yang penting agar efektif. Jangan lupa siapkan tas lipat atau tas belanja (shopping bag) untuk berjaga-jaga.

Siapkan biaya untuk kebutuhan perjalanan dan atur pengeluaran, termasuk alokasi dana angpao. Siapkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga selama di kampung halaman. Sediakan obat yang dibutuhkan dan kotak P3K.Pastikan membawa masker cadangan yan mencukupi, hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan disinfektan selama mudik. Disarankan membawa alat makan dan botol minum sendiri saat singgah di restoran atau warung makan.

Pastikan orang yang akan dikunjungi dalam keadaan sehat serta terlindungi dari potensi tertular atau menularkan Covid-19. Memastikan untuk tetap menjaga kapasitas akomodasi di tempat tujuan agar tidak terlalu penuh. Jika kapasitas penuh, disarankan memilih hotel/penginapan yang memenuhi standar CHSE.

About The Author

Related Posts