Pulihkan Ekonomi Daerah, Gubernur Ganjar Apresiasi Strategi Bupati dan Wali Kota di Jateng

(Beritadaerah – Magelang) Seusai memimpin Musrenbangwil Purwomanggung dan Subosukowonosraten, di Pendapa Kabupaten Magelang, Kamis (21/4), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi terhadap para pemangku wilayah aglomerasi Purwomanggung (Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kota Magelang) dan Subosukowonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Klaten) dalam menjalankan strategi pemulihan ekonomi daerah.

Salah satu program yang dijalankan yakni program Satu OPD Satu Desa Dampingan, direplikasi daerah tingkat dua, untuk menekan kemiskinan. Menurut Gubernur Ganjar, penting bagi daerah menyusun langkah perbaikan ekonomi seiring membaiknya situasi COVID-19. Sejak awal Maret 2020 gelombang kasus COVID-19 melanda Indonesia, dan hal ini berdampak kepada perekonomian masyarakat.

“Rata-rata bicara bagaimana mengurangi pengeluaran masyarakat dengan intervensi, seperti bansos, sekolah dan kesehatan gratis, pemberian subsidi bunga dan pelatihan usaha. Dengan situasi ini, senanglah saya melihatnya. Teman-teman sudah siap,” kata Ganjar yang dikutip laman Jatengprov, Kamis (21/4).

Ganjar menambahkan, strategi itu linier dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk mengurangi angka kemiskinan. Sektor UMKM pun tak lepas dari sorotan. Ganjar menyebut, perhatian terhadap usaha kecil dan menengah, memberi kontribusi besar pada pemulihan ekonomi. Sebanyak 40 persen dari APBD bisa mengungkit ekonomi, dengan cara kita menjadi off taker produk rakyat. Oleh karena itu yang belum ikut Aplikasi Si Blangkon, segera ikut.

Sementara itu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, pihaknya mereplikasi program Pemprov Jateng yakni Satu OPD Satu Desa Dampingan. Hal itu dilakukan dengan pendampingan di Desa Jabung, Kecamatan Plupuh. Pendampingan dilakukan dengan assessment berdasarkan kebutuhan infrastruktur yang belum cukup. Selain itu, jumlah orang miskin di desa tersebut juga menjadi pertimbangan.

Ditambahkan oleh Bupati Sragen, bahwa pemberdayaan dilakukan dengan menggandeng Baznas atau badan zakat lain, serta dana tanggung jawab perusahaan. Selain itu pihaknya mereplikasi apa yang dilakukan provinsi, karena memiliki daerah binaan di tempat kami.

Sedangkan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, memilih menggenjot pembangunan infrastruktur dan menghelat acara yang mendatangkan pelancong. Di antaranya pembangunan elevated rail Simpang Joglo dan revitalisasi Taman Balekambang. Nantinya atas bantuan Gubernur Ganjar, taman Balekambang bisa diperluas, dan ke depan akan jadi pusat kebudayaan Jawa. Bulan Agustus ada konser Dream Theater di Solo.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu