(Beritadaerah – Jepara) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong peran aktif dan kontribusi dari Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) selaku organisasi profesi bidang jalan dan jembatan dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembangunan jalan dan jembatan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Basuki dalam sambutannya pada acara “Webinar HPJI dan IKN dalam Perspektif Penyelenggaraan Perkerasan Jalan” secara daring pada Rabu (20/4/2022).

“Kementerian PUPR sangat mendukung pengasahan profesionalisme melalui organisasi profesi. Saya harap ide-ide inovasi yang didiskusikan oleh para akademisi dan pakar dalam HPJI ini bisa kita kawal dan awasi agar benar-benar bisa diimplementasikan di lapangan,” kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki berharap HPJI dapat berkontribusi tidak hanya dalam pengembangan inovasi teknologi jalan dan jembatan, tetapi juga peningkatan kualitas SDM kontruksi.

“Saya sarankan HPJI bisa menyelenggarakan seminar dan pelatihan atau training kepada para penyedia jasa dan konsultan agar budaya kerja di lapangan menjadi lebih disiplin,” ujarnya.

Menteri Basuki juga mengharapkan kontribusi HPJI dalam pembangunan IKN yang akan dimulai pada tahun ini secara bertahap hingga tahun 2045. Kementerian PUPR mengharapkan saran dan masukan dari HPJI agar pembangunan jalan dan jembatan di IKN bisa dilakukan dengan kualitas terbaik.

“Infrastruktur IKN harus menggambarkan kemajuan bangsa Indonesia. Saya ingin kualitas jalan dan jembatan di IKN harus jauh lebih baik dari apa yang telah kita bangun sampai sekarang. Pekerjaan teknisnya harus dikerjakan dengan spesifikasi terbaik,” tutur Menteri Basuki.

Webinar HPJI dan IKN dalam Perspektif Penyelenggaraan Perkerasan Jalan merupakan bagian dari empat series webinar yang diselenggarakan oleh HPJI sejak Februari 2022 hingga Mei 2022. Series webinar tersebut bertujuan menampung seluruh pemikiran dari para teknokrat, akademisi, dan praktisi dalam memberikan dukungan pembangunan IKN sebagai kota yang cerdas, efisien, dan berkelanjutan.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus