Gernas BBI Provinsi Jambi Menggembirakan, Penjualan Produk UMKM Capai Rp. 12 Miliar

(Beritadaerah – Jambi) Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diselenggarakan di Provinsi Jambi sejak Januari hingga Maret 2022 menuai hasil yang menggembirakan. Penjualan produk UMKM selama tiga bulan mencapai Rp. 12 Miliar, atau dua kali lipat melebihi dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 6 Miliar.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Campaign Manager Gernas BBI untuk bulan Januari s.d Maret 2022, pada kegiatan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Abadi Jambi, Kamis (14/4).

Melalui sambutan yang disampaikan secara daring, Menhub menyampaikan, capaian menggembirakan lainnya antara lain yaitu: jumlah UMKM yang berhasil onboarding mencapai 432 UMKM, atau lebih banyak dari yang ditargetkan paling sedikit 100 UMKM onboarding. Selain itu, selama tiga bulan berhasil mendidik sebanyak 1.253 pelaku usaha UMKM di Jambi.

“Saya terus mengajak kita semua untuk bangga membeli produk dalam negeri dan banyak sekali karya-karya hebat yang dihasilkan oleh artisan dan UMKM anak bangsa. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional kita,” ucap Menhub.

Atas capaian tersebut, Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Kemenhub dalam mengkampanyekan dan mensukseskan kegiatan Gernas BBI selama tiga bulan di Jambi. “Saya berharap kegiatan ini akan terus mendorong penjualan dan meningkatkan investasi UMKM di daerah. Kami di sektor transportasi berkomitmen terus mendukung upaya ini,” ujarnya.

Adapun pihak-pihak yang mendukung kegiatan ini diantaranya yakni: Pemerintah Provinsi Jambi, PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi, Bank Indonesia Perwakilan Jambi, Bank Negara Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia, Mustika Ratu, asosiasi e-commerce IdeA, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia, PT Shopee Indonesia, Grab Indonesia, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jambi.

Selama tiga bulan, Kemenhub bersama pihak-pihak terkait telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam mendukung Gernas BBI di Jambi. Mulai dari Kick Off Gernas BBI Jambi pada tanggal 19 Januari 2022 lalu di Bandara Sultan Thaha sekaligus Touring Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan. Kemudian, menyelenggarakan pameran UMKM dan teknologi transportasi kendaraan listrik karya anak bangsa. Selanjutnya, menyelenggarakan kegiatan Webinar Kemudahan Distribusi Logistik- Bussines Forum. Dilanjutkan dengan pelatihan dan pembinaan UMKM, Lomba Konten BBI ASN Kemenhub melalui Web Internal Mitra, Lomba Konten Digital (Foto dan Caption) melibatkan masyarakat, Lomba UMKM Marketing Contest, serta Transportation and Bussiness Movement, dan juga menyelenggarakan BBI Fest.

Pada kegiatan harvesting hari ini, dilakukan pemberian apresiasi kepada para UMKM terbaik. Penilaian juga dilihat dari inovasi produk yang dilakukan UMKM tersebut, serta bussines plan-nya, juga menilai konsep usaha yang ramah lingkungan, yaitu yang berprinsip green economy dan implementasi zero waste.

Kelima UMKM terbaik tersebut yakni: juara pertama adalah Cik Mia Songket. Juara kedua adalah Rumah Madu Hutan Jambi. Juara Ketiga adalah Rempeyek Ilham. Juara keempat adalah Pempek Balap. Serta, juara kelima adalah Beraso Coffee.

Memasuki tahun ke-3 penyelenggaraan Gernas BBI yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Mei tahun 2020, hingga saat ini sudah mencapai 17,2 juta UMKM yang sudah onboarding atau merambah ke ekosistem digital, dari target 30 juta UMKM onboarding pada tahun 2023, dengan kontribusi terhadap PDB sekitar 60%.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus